Kita perlu optimis bahwa pembangunan kelautan akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, bangsa, dan Negara

Penyelenggaraan Hari Nusantara tahun 2019, tidak terlepas dari Perjuangan Bangsa Indonesia untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Negara Kepulauan. NKRI sebagai negara kepulauan pertama kali dicetuskan melalui Deklarasi Djoeanda, 13 Desember 1957.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X saat membacakan sambutan Gubernur DIY pada Upacara Peringatan Hari Nusantara tahun 2019, Jumat di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut Wagub DIY bertindak sebagai inspektur upacara.

Sri Paduka menuturkan, Hari Nusantara tahun 2019 harus menjadi momentum untuk mempertebal semangat kebangsaan, persatuan dan kebersamaan di tengah kebhinekaan sehingga mampu meujudkan dam melaksanakan pembangunan Nusantara.

Peringatan Hari Nusantara juga harus mampu meningkatkan meningkatkan kerjasama dalam pengelolaan wilayah laut dan wilayah perbatasan, mempertahankan kedaulatan negara dalam wadah NKRI serta mendorong masyarakat Indonesia untuk memahami arti penting Wawasan Nusantara.

“Kita perlu optimis bahwa pembangunan kelautan akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, bangsa, dan negara,” tutur Sri Paduka.

Lebih lanjut Sri Paduka menyampaikan, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian bersama.

Seperti halnya dalam upaya mempercepat pembangunan kelautan, diperlukan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas kebijakan baik antara Pemerintah dengan Pemerintah, Pemerintah dengan Pemerintah Daerah, antar Pemerintah Daerah maupun antar Pemerintah, Pemerintah Daerah dengan sektor Swasta.

Sri Paduka menturkan, mempercepat pembangunan infrastruktur kelautan juga harus menjadi prioritas.

Selain itu, perlu penegakan kebijakan di bidang konservasi habitat biota laut guna meningkatan pengembangan dan pemanfaatan potensi di wilayah pesisir, pulau-pulau kecil di seluruh Indonesia.

Hal tersebut berkaitan erat dengan peran laut terhadap adaptasi dan mitigasi bencana.

“Semoga melalui momentum Hari Nusantara 2019 ini, dapat memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi lokal, sekaligus memacu daerah untuk lebih berkreatif dalam mengelola sumber daya kelautan,” tutup Sri Paduka.

Upacara Peringatan Hari Nusantara ini diikuiti oleh seluruh komponen masyarakat yang terdiri dari pelajar, sipil, ASN serta militer sebagai peserta. Hadir pula jajaran kepala OPD se-DIY, anggota Forkopimda DIY serta tamu undangan.