Tarif batas atas satu kali jalan untuk tarif maskapai menurut jarak Manokwari ke Makassar adalah Rp2.042.000 pada kelas ekonomi. Besaran tersebut belum termasuk PPN

Harga tiket pesawat Batik Air rute Manokwari-Makassar melonjak antara Rp19-20 juta. Naiknya harga tiket ini menjelang liburan Natal dan Tahun Baru.

Lion Air pun buka suara soal harga tiket yang mencapai puluhan juta rupiah itu. Maskapai menjelaskan, harga tiket tersebut untuk kelas bisnis. Selain itu, harga tersebut merupakan rute yang mengharuskan calon penumpang singgah atau transit.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan harga tiket Rp19.173.900 adalah layanan kelas bisnis yang terdiri rute dari Manokwari ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) dan lanjutan penerbangan ke tujuan akhir di Makassar (satu kali transit).

Sementara, harga Rp20.447.200 adalah layanan tiket kelas bisnis dengan rute Manokwari ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) ke Bandar Udara internasional Juanda, Jawa Timur (SUB) kemudian tujuan akhir di Makassar (dua kali transit).

"Harga jual tiket pesawat udara Batik Air rute Manokwari melalui Bandar Udara Rendani, Papua Barat (MKW) tujuan Makassar – Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros, Sulawesi Selatan (UPG) periode pengecekan Senin, 16 Desember 2019, jumlah kursi penerbangan langsung tidak tersedia atau sudah terjual habis," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Sebagai keterangan, dia menambahkan, tarif batas atas satu kali jalan untuk tarif maskapai menurut jarak Manokwari ke Makassar adalah Rp2.042.000 pada kelas ekonomi. Besaran tersebut belum termasuk PPN, iuran wajib asuransi yang disingkat IWJR (Iuran Wajib Jasa Raharja) dan Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax.

"Tarif tiket pesawat yang muncul mencapai Rp19.173.900 dan Rp20.447.200 adalah total keseluruhan perjalanan yang ditawarkan (Lion Air) sebagai opsi oleh mesin pencari dengan penerbangan multi sektor sampai tujuan akhir," jelasnya.