Pembangunan Istora Papua Bangkit dipastikan rampung satu bulan sebelum target dalam kontrak pekerjaan yang ditetapkan

Wakil Menteri (Wamen) PUPR Jhon Wempi Wetipo memastikan pembangunan venue aquatic di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, bakal rampung dua bulan lebih cepat dari kontrak pekerjaan yang ditetapkan.

Hal itu disampaikan Wamen Wetipo usai meninjau pembangunan venue aquatic, Jumat. Wamen Wempi didampingi Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional  XVIII Jayapura, Osman Marbun bersama jajaran.

“Terkait venue aquatic ini selesainya akan lebih cepat dua bulan dari target dalam kontrak. Dimana dalam kontrak itu target selesai pada Juli, tapi kemungkinan melihat dari progres (kemajuan pekerjaan saat ini) maka dipastikan pembangunannya selesai di Mei,” ucap ia.

Hal demikian pula disampaikan Wamen untuk pembangunan Istora Papua Bangkit, yang letaknya masih satu kompleks dengan venue aquatic. Pembangunan Istora Papua Bangkit dipastikan rampung satu bulan sebelum target dalam kontrak pekerjaan yang ditetapkan pada Juli 2020.

“Sehingga kalau dua gedung ini sudah rampung maka kita akan lebih fokus pada penataan kawasannya. Namun untuk penataan kawasan ini kita meminta dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua terkait (relokasi) rumah warga setempat yang sampai dengan hari ini belum tuntas”. 

“Dimana kurang lebih ada sekitar 23 rumah lalu kompensasi terhadap tanaman. Ini yang saya minta mari kita tuntaskan bersama karena penataan kawasan belum bisa dilakukan kalau masih ada penduduk yang tinggal,” terang ia. 

Selain mengunjungi venue aquatic, Wamen Wempi juga meninjau pembangunan venue hockey dan cricket di Doyo, Kabupaten Jayapura. Dimana pembangunannya dipastikan rampung sebelum 19 Juni 2020 atau sebelum pembukaan PON XX, 20 Oktober 2020.