Dalam rangka percepatan pembangunan sektor ekonomi

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Biro Ekonomi dan Kerjasama Setda Provinsi NTT bekerjasama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Provinsi NTT melakukan sosialisasi Kebijakan Pengembangan

Kegiatan yang melibatkan 60 peserta OPD Lingkup Pemkab Belu, Lembaga Penyalur Kredit Usaha Rakyat dan Pembiayaan Ultra Mikro, Pelaku UMKM serta Pengurus Koperasi ini berlangsung di Hotel Nusantara Dua Atambua, Kelurahan Beirafu, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu, Provinsi NTT.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan, Kepala Biro Ekonomi dan Kerjasama Setda Provinsi NTT – Dr. Drs. Lery Rupidara, M.Si, dan Kepala Kantor Wilayah DJPB Provinsi NTT – Lidya Kurniawati Christyana.

Dalam sambutan Gubernur NTT yang dibacakan oleh Wakil Bupati Belu mengatakan, dalam rangka percepatan pembangunan sektor ekonomi, berbagai upaya dan terobosan telah dilakukan pemerintah untuk terus mendorong pertumbuhan wirausaha baru. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa, peran UMKM sangat strategis bagi peningkatan perbendaharaan, penciptaan lapangan kerja dan percepatan pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Karena itu, untuk mewujudkan cita – cita pembangunan di berbagai sektor khususnya kesejahteraan rakyat, tentunya kontribusi UMKM sangat dibutuhkan.

Gubernur NTT juga menegaskan, sosialisasi kebijakan pengembangan UMKM yang dilaksanakan ini menjadi salah satu momen penting bagi seluruh stakeholder untuk membangun komitmen, saling koordinasi, bekerjasama, bersinergi untuk melaksanakan peran masing – masing baik itu Regulator, Fasilitator Ekonomi maupun Pelaku Ekonomi untuk sama – sama berperan aktif dalam mengatasi masalah ekonomi yang dihadapi pada era globalisasi saat ini.

“ Perlu saya sampaikan bahwa, pemberdayaan UMKM merupakan upaya bersama pemerintah dan dunia usaha bersama masyarakat sehingga UMKM mampu tumbuh dan berkembang menjadi usaha yang tangguh dan mandiri dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, penciptaan lapangan kerja serta pengentasan kemiskinan,” demikian kata orang nomor satu di NTT, Viktor B. Laiskodat, dalam sambutannya yang dibacakan Wabup Ose Luan pada pembukaan sosialisasi kebijakan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.