Lucinta yang sebelumnya resmi berjenis kelamin laki-laki, kini telah sah berubah kelamin menjadi perempuan.

Sebetulnya, Lucinta Luna itu laki-laki atau perempuan sih? Begitulah pertanyaan yang ramai diperbincangkan kalangan netizen. Pertanyaan ini terasa wajar lantaran Kepolisian sebelumnya sempat bimbang, apakah menempatkan Lucinta di sel laki-laki atau sel perempuan. Untuk sementara, polisi terpaksa menempatkan Lucinta di sebuah sel khusus.

Namun rasa penasaran itu pun akhirnya terbayar lunas setelah Pengadilan Negeri Jakarta Selatan resmi menerbitkan putusan. Bahwa Lucinta yang sebelumnya resmi berjenis kelamin laki-laki, kini telah sah berubah kelamin menjadi perempuan.

Lalu, siapa sih Lucinta dan seperti apa perjalanannya hingga tersangkut narkoba? Berikut penelusuran yang berhasil dihimpun tim Bizlaw.id:

  • Lahir di Jakarta, 16 Juni 1989, Lucinta awalnya bernama Muhammad Fatah. Karirnya dimulai sebagai penari hingga pernah mengikuti acara Be A Man dengan nama Cleo Vitri. Lucinta pernah membentuk Duo Bunga bersama dengan Ratna Pandita yang mempopulerkan Goyang Kembang. Lucinta pernah menikah dengan seorang pria bernama Bigham asal Filipina, tetapi langsung cerai tidak lama kemudian.
  • Berganti nama hingga tujuh kali. Hal ini diungkapkan langsung oleh teman Lucinta Luna, Dhendy. Dihimpun dari akun YouTube Intens Investigasi, Jumat (14/2/2020), Dhendy memaparkan nama yang digunakan pertama kali oleh Lucinta Luna. "Pertama namanya Muhammad Fatah, kedua ganti Cleo, ketiga ganti Cleofitri, keempat Thalita, kelima eh keenam Thalita Fitri, ketujuh Ayluna Putri, Ayluna Cinta, Lucinta Luna. Itu namanya dia," ungkap Dhendy.
  • Lucinta Luna akhirnya secara resmi telah berganti nama dan jenis kelamin. Dari nama Muhammad Fatah menjadi Ayluna Putri. Pergantian nama dan jenis kelamin ini sesuai putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (20/12/19) lalu.
  • Lucinta Luna ditangkap Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, di Apartemen Thamrin City, Jakarta Pusat, Selasa (11/2/2020) dini hari. Tak sendiri, Lucinta Luna diamankan dengan ketiga rekannya. Dalam penangkapan tersebut polisi berhasil mengamankan 2 butir ekstasi, 7 butir riklona dan 5 butir Tramadol. Polisi berhasil menangkap pemasok narkoba yang dimiliki Lucinta Luna berinisial IF alias FLO. Saat pemeriksaan, FLO mengaku memberikan barang haram tersebut ke Lucinta Luna, lantaran keduanya sama-sama sedang depresi.  
  • Untuk mendapatkan psikotropika itu, FLO membelinya dari seorang dokter di sebuah rumah sakit di bilangan Jakarta Selatan. Total sudah 3 kali Lucinta Luna memesan kepadanya. “FLO sudah tiga kali menjual ke Lucinta Luna," kata Kabid Humas Polda MetroJaya, Kombes Pol Yusri Yunus  di Polres Jakarta Barat, Jumat (14/2/2020).
  • Lucinta Luna ditempatkan di sel wanita. Dengan adanya putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Lucinta Luna telah secara resmi berganti jenis kelamin menjadi perempuan. Sehingga secara hukum negara, Lucinta yang telah ditetapkan sebagai tersangka narkoba adalah seorang wanita. Hal inilah yang mendasari Lucinta Luna akan ditempatkan di sel wanita.
  • Lucinta Luna imbau menjauhi narkoba. Saat diberikan kesempatan untuk berbicara di hadapan publik, Lucinta Luna tak lupa memberikan masukan kepada khalayak publik. Ia mengingatkan pada semua orang baik kalangan selebriti ataupun masyarakat umum untuk tidak terjerat narkoba. "Saya cuma mau agar permohonan maaf saya dimaafkan oleh kalian, teman-teman, keluarga saya, teman-teman artis juga dan kalau bisa jangan mengikuti langkah-langkah seperti saya. Tolong jauhi narkoba," ujar Lucinta.