Pria kelahiran Manokwari, 23 Juni 1973 ini adalah jebolan Teknik Industri dari ITB.

Menteri BUMN Erick Thohir lagi-lagi membuat gebrakan. Kali ini dengan mendapuk putra Papua sebagai salah satu pejabat teras di perusahaan tambang PT Freeport Indonesia. Penunjukan tersebut sekaligus mengakhiri penantian panjang atau lebih dari lima puluh tahun bagi putra Papua untuk menduduki posisi elit di perusahaan yang berlokasi di Papua tersebut.

Adalah Claus Wamafma yang ditunjuk Erick sebagai salah satu Direktur di Freeport. Pria kelahiran Manokwari, 23 Juni 1973 ini adalah jebolan Teknik Industri dari ITB. Pria bernama lengkap Claus Oscar Ronald Wamafa ini memulai karirnya di Freeport Indonesia pada 1999 melalui graduate program

Karirnya terus menanjak dan pada 2011 ditempatkan sebagai Supply Chain-Warehouse & Distribution Manager pada 2011 hingga 2014. Pada 2014, Claus naik jabatan menjadi VP Community Development selama empat tahun. Hingga posisi terakhirnya sebagai SVP selama dua tahun terakhir.

Menurut  Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, terdapat pergantian sejumlah jabatan dalam agenda tersebut, seperti wakil presiden komisaris, wakil direktur utama dan direktur.

"Yang seru Claus Wamafma, dia putera Papua sudah berkarir 20 tahun di Freeport dan diusulkan jadi direksi mewakili Mind ID. Sebelumnya dia SVP membawahi CSR, Partnership Fund dan Community Development. Dia adalah direktur orang Papua asli yang berkarir dari bawah, direktur pertama orang Papua," kata Arya di Kementerian BUMN, Senin (17/2/2020).

Arya menyebutkan, masuknya orang Papua pertama sebagai direktur di perusahaan ini menunjukkan kapabilitas orang Papua yang juga mampu mengisi jabatan penting di sebuah perusahaan.

Selain Claus, Freeport juga mengangkat wakil presiden direkturnya yang baru menggantikan Orias Petrus Moedak yang diangkat menjadi direktur utama di PT Inalum (Persero). Posisi ini diisi oleh Jenpino Ngabdi yang sebelumnya adalah direktur. Orias Petrus kemudian ditempatkan menjadi wakil presiden komisaris di perusahaan tambang emas ini.

Berikut jajaran manajemen baru PT Freeport Indonesia:

Komisaris

Presiden Komisaris: Richard C. Adkerson

Wakil Presiden Komisaris: Orias Petrus Moedak

Komisaris: Adrianto Machribie

Komisaris: A.M. Fachir

Komisaris: Hinsa Siburian

Komisaris: Kathleen Lynne Quirk


Direksi

Presiden Direktur: Clayton Allen Wenas

Wakil Presiden Direktur: Jenpino Ngabdi

Direktur: Achmad Ardianto

Direktur: Claus Wamafma

Direktur: Mark Jerome Johnson

Direktur: Robert Charles Schroeder