Rupiah menutup sesi pekan ini, Jumat (21/2) di kisaran Rp13.773 per Dolar AS.

Hoki Pemerintahan Jokowi Mulai Terancam, Dolar Mulai Bertingkah di Kisaran Rp13.700

Lebih dari 5 bulan terakhir, gerak menguat nilai tukar mata uang Rupiah seakan menjadikan pemerintahan Jokowi menjalani masa yang indah. Rupiah bahkan terlihat begitu perkasa dan mengesankan dengan sempat menjungkalkan mata uang Dolar AS hingga ambruk di kisaran Rp13.500-an beberapa pekan sesi perdagangan lalu.

Serangkaian sentimen terkini dari persebaran wabah penyakit mematikan akibat infeksi Coronavirus justru semakin membuat Rupiah bertaji untuk membungkam Dolar AS dalam jangka waktu cukup panjang berada di vbawah level psikologisnya di Rp14.000.

Namun keberuntungan pemerintahan Jokowi nampaknya kini mulai rawan alias berada dalam ancaman serius akibat gerak merosot curam  Rupiah yang terjadi secara beruntun dalam 3 hari sesi perdagangan terakhir, di mana menutup sesi pekan ini di Rp13.773 per Dolar AS,  seperti tergambar dalam grafik harian terkini berikut (yang diambil dari tradingview.com):

Dalam jangka menenhah-panjang, sesungguhnya  gerak melemah Rupiah kali ini sekedar gerak konsolidasi usai membukukjan rentetan panjang penguatan tajam.  Namun dalam jangka menengah, gerak menguat tiga hari terakhir telah membentuk pola teknikal yang suram, yaitu tren pelemahan jangka menengah.

Indikator MA-Signal (garis berwarna hitam) pada grafik di atas terlihat mulai menembus ke atas batas teknikal psikologisnya (garis berwarna merah) yang mengindikasikan dimulainya tekanan jual pada Rupiah.

Polqa gerak Rupiah di sepanjang sesi perdagangan pekan  depan, dengan demikian akan menjadi masa ujian kritis baghi tren pelemahan Rupiah yang baru terbentuk. Bila Rupiah konsisten terkandaskan di atas Rp13.700-an, sudah barang tentu tren  pelemahan Rupiah akan solid dan gerak melemah Rupiah akan berlanjut untuk kembali menghadirkan ancaman serius.

Hoki Pemerintahan Jokowi, dengan demikian mulai menghadapi kerawanan, dan sesi perdagangan pekan depan akan menjadi pertaruhan pentingnya.

Happy Trading.