Tiga menteri Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang masuk Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka disebut-sebut menolak Formula E di Monas.

Rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar balapan Formula E di Monas bakal menemui banyak batu sandungan. Pasalnya, tiga dari lima menteri Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang masuk Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka disebut-sebut menolak usul itu.

Ada lima menteri yang masuk tim ini; Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Seperti dikutip dari Majalah Tempo edisi 22 Februari 2020 bertajuk Lingkaran Kalla di Balapan Formula E diungkapkan dalam sebuah rapat pada 5 Februari 2020, tiga dari lima menteri itu secara langsung menyatakan keberatannya kepada Anies.

Salah satunya Pratikno yang mengatakan status Taman Medan Merdeka merupakan kawasan cagar budaya. Sedangkan Menteri Siti mempersolakan Formula E yang terlalu dekat dengan istana.

Menteri Pariwisata Wishnutama pun menolak ide Formula E di Monas ini. Dia menyebutkan balap mobil listrik belum terbukti mendatangkan banyak wisatawan seperti balapan lain yang lebih dulu ada: Formula 1 dan MotoGP.