Pada tagar banjir ini tak sedikit netizen yang menyalahkan kinerja dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam, menggenangi hampir sebagian wilayah di Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat hingga Jakarta Selatan. Kompleks Istana Kepresidenan sempat terendam banjir.

Netizen pun ramaikan twitter dengan tagar banjir hingga isi cuitan lebih dari 21 ribu kali pada selasa pagi (25/02/2020). Mereka mengunggah titik banjir di kawasan rumah atau dekat area perkantoran, termasuk tersendatnya lalu lintas di beberapa titik karena banjir. 

Namun pada tagar banjir ini tak sedikit netizen yang menyalahkan kinerja dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Tagar banjir pun disusul nama Anies dengan jumlah cuitan lebih dari 33 ribu kali. Nama gubernur memang selalu dikaitkan dengan banjir Jakarta. Karena warga pun membandingkan kinerja penanganan banjir di zaman Gubernur Anies dan mantan Gubernur DKI Ahok. 

Sekretaris Kabinet Pramono Anung memberikan informasi bahwa air sempat menggenangi sekitar Masjid Baiturrahhim di Kompleks Istana Kepresidenan. "Istana banjir," ujar Pramono saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Selasa (25/2).

Dalam video yang dibagikan, terlihat air menggenangi bagian lorong kompleks Istana. 

Namun dari keterangan Biro Pers Istana, genangan air telah surut sejak pukul 07.00 WIB pagi tadi. Dari sejumlah video yang dibagikan terlihat tak ada lagi genangan air di Kompleks Istana Kepresidenan.

Kepala Sekretaris Presiden Heru Budi Hartono telah berkeliling di sekitar kawasan Istana. Di bagian lorong yang sempat tergenang juga telah surut.

Hujan deras yang mengguyur Jakarta dari Senin (24/1) malam hingga Selasa pagi (25/1) membuat sejumlah ruas jalan tergenang.

Berdasarkan pantauan akun resmi TMC Polda Metro Jaya di Twitter, beberapa jalan bahkan dialihkan karena tidak bisa dilintasi kendaraan bermotor.

Kawasan di sekitar Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, juga ikut terendam banjir. Berdasarkan informasi dari akun Twitter @TMCPoldaMetro hingga pukul 07.00 WIB pagi tadi, air setinggi 20-30 sentimeter menggenangi Jalan Medan Merdeka Timur arah Monas Timur, tepatnya di depan gedung Pertamina. Akibatnya, lalu lintas di sekitar kawasan itu tersendat.

Jalan Medan Merdeka Timur bahkan sudah tak bisa dilintasi. Genangan setinggi 15-20 cm juga muncul di kawasan gedung PLN Gambir, Jakarta Pusat, menuju arah kantor Kedubes Amerika Serikat.