Selama ini Anies selalu bekerja cepat menyukseskan gelaran Formula E.

Banjir yang mengepung sebagian Jakarta menjadi amunisi politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk mengeritik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI Justin Adrian menuding Anies hanya kerja cepat menggarap Formula E.

Justin mengatakan, selama ini Anies selalu bekerja cepat menyukseskan gelaran Formula E, selain kerap mengunggah foto beberapa titik di Jakarta yang sudah dipoles, dalam akun pribadi Instagram.

Hal ini, berbanding terbalik ketika Jakarta dilanda banjir. Seperti dikutip CNNIndonesia.com, Anies justru tidak bisa menjelaskan persoalan banjir. Hingga kini, belum ada komentar dari Anies tentang kritik PSI tersebut.

Melalui akun Instagram @Aniesbaswedan, Anies mengunggah video. Dalam video itu, Anies meminta masyarakat yang membutuhkan bantuan untuk mendatangi kelurahan terdekat, atau kata Anies, silakan kontak #JakartaSiaga112.

"Di akun medsos, Pak Anies semangat banget posting foto-foto JPO cantik dibubuhi kata-kata mutiara. Lalu untuk Formula E juga beliau bekerja serba cepat, sampai nabrak banyak aturan," kata Justin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (25/2).

"Tapi untuk banjir, beliau malah bungkam," lanjut dia.

Justin menilai kebijakan Anies selama ini belum memprioritaskan penanganan banjir. Hal ini terlihat dari banyaknya kebijakan Anies yang mengarah pada acara yang bersifat festival dan menonjolkan 'kecantikan' semata.

Ia pun menilai acara-acara tersebut bakal dipakai untuk kepentingan 2024 tanpa mempertimbangkan kebutuhan warga. Salah satunya perhelatan Formula E yang menghabiskan dana triliunan rupiah.

"Masalah banjir terang-benderang di depan mata, tapi sepertinya Pak Anies dan para pendukungnya menganggap banjir bukan masalah penting. 'Tanpa harus bersusah payah mengatasi banjir, elektabilitas sudah tinggi,' mungkin gitu mikirnya," jelas Justin.

Menurut Justin, harusnya Anies membuktikan kinerjanya terlebih dahulu terutama soal banjir baru mengurusi acara yang bersifat festival.

Beberapa waktu terakhir Anies memang kerap mengunggah sejumlah foto terkait langit Jakarta berwarna biru dengan tulisan 'Wajah Baru Jakarta 2020'.

Di dalamnya terdapat foto-foto JPO di Jakarta, Ruang Terbuka Hijau serta foto trotoar yang baru saja direvitalisasi Anies. Selang beberapa waktu, Anies juga mengunggah terkait tinjauan banjir di Ibu Kota.

Dalam unggahan tersebut Anies meminta masyarakat menghubungi call center 112 dan Kelurahan terdekat untuk mendapatkan bantuan. Banjir hari ini setidaknya berdampak pada 290 RW, sementara 3.565 warga mengungsi.

Saat ditemui di kawasan Pintu Air Manggarai, Jakarta, Anies tak menjelaskan ketika ditanya soal banjir besar yang kerap melanda Jakarta sejal awal Januari 2020.

"Sekarang kami fokus ke penanganan, karena cuaca seperti ini masih akan terjadi beberapa waktu ke depan," ujar Anies.