Upaya pencegahan ini masih terus kami lakukan agar bisa melayani lebih banyak lagi masyarakat

Cegah penyebaran virus corona, Pemerintah Kota Pariaman lakukan penyemprotan desinfektan di seluruh ruangan di Balaikota Pariaman.

Upaya ini dilakukan karena dekontaminasi penyebaran infeksi virus corona (COVID-19) dapat dikurangi dengan membersihkan ruangan serta benda-benda yang sering tersentuh tangan dengan cairan desinfektan yang biasa digunakan

"Hal ini menunjukkan pembersihan menggunakan cairan desinfektan secara rutin cukup efektif untuk menekan penyebaran infeksi COVID-19, karena itu, Pemko Pariaman mulai hari ini melakukan penyemprotan desinfektan di objek-objek vital yang ada di Kota Pariaman", ujar Walikota Pariaman Genius Umar, ketika memberikan keterangan setelah petugas melakukan penyemprotan desinfektan diruang kerjanya, Selasa (17/3/2020).

Kegiatan penyemprotan desinfektan juga akan di lakukan di beberapa destinasi wisata yang ada, dan area titik keramaian lainya di wilayah di Kota Pariaman, hingga kondisi normal kembali.

"Hari ini, kita melakukan penyemprotan desinfektran di Balaikota Pariaman, sebagai tahap pertama aksi kita dalam pencegahan virus COVID-19 di Kota Pariaman, setelah kemaren melakukan pengecekan suhu tubuh seluruh ASN. selanjutnya upaya pencegahan ini masih terus kami lakukan agar bisa melayani lebih banyak lagi masyarakat kita,” ucapnya lebih lanjut.

Desinfektan merupakan bahan kimia atau pengaruh fisika yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran jasad renik seperti bakteri dan virus, juga untuk membunuh atau menurunkan jumlah mikroorganisme atau kuman penyakit lainnya.

Terdapat berbagai jenis desinfektan yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan salah satunya adalah desinfektan yang digunakan untuk membersihkan ruangan.

“Hal itu sebagai bentuk keseriusan kami untuk ikut terlibat dalam mengantisipasi penyebaran serta melawan virus corona yang kini sudah dinyatakan sebagai pandemi, apalagi mulai hari ini, Kota Pariaman  akan mengadakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Tahun 2020 yang dilaksanakan dari 17-19 Maret 2020", ungkapnya.

Penyemprotan Desinfektan ini dilakukan oleh personil Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Pariaman. Selain itu, pihak Pemko Pariaman juga menyediakan hand sanitizer kepada setiap pengunjung yang datang ke Balaikota Pariaman.