Penutupan wilayah Toli-toli tidak hanya berlaku untuk jalur darat saja. Tetapi juga jalur udara maupun laut.

Tanpa tedeng aling-aling, Moh Saleh Bantilan yang menjabat Bupati Toli-toli, Sulawesi Tengah, memutuskan untuk memberlakukan karantina wilayahnya selama 14 hari terhitung sejak Senin (30/3/2020). Keputusan itu diambil sebagai langkah pencegahan masuknya virus corona ke wilayah Toli-toli.

“Mencegah itu lebih baik. Semua akses pintu masuk kita akan lakukan pengawasan ketat untuk dilewati, kecuali ada hal-hal yang sifatnya darurat,” ujar Bantilan dalam sebuah video yang ramai beredar di media sosial sejak Minggu (29/3/2020).

Uniknya, dalam video tersebut, sulit dipercaya kalau Bantilan adalah seorang pejabat. Lihat saja, gayanya mirip seniman almarhum Mbah Surip, yang kerap tampil ‘urakan’ dengan gaya kaos oblong, celana pendek, rambut gondrong, serta kumis dan janggut memutih.

Bantilan melanjutkan, keputusan Toli-toli secepatnya ‘digembok’ perlu dilakukan meski saat ini di wilayahnya belum ada kasus virus corona. “Jangan nanti sudah tertular baru saya ambil tindakan. Itu satu kesalahan besar,” katanya dalam video berlatarbelakang mobil dinas Bupati Toli-toli.

Penutupan wilayah Toli-toli tidak hanya berlaku untuk jalur darat saja. Tetapi juga jalur udara maupun laut. “Penerbangan hanya boleh dua hari sekali saja. Laut pun begitu, kita tutup,” ujarnya.

Tak lupa, Bantilan juga mengatakan agar seluruh masyarakatnya untuk tetap semangat melawan virus corona.

Penampilan nyentrik dan sikap tegas Bantilan kemudian mendapat banyak pujian dari warganet.

Diketahui, Toli-toli adalah kabupaten yang berada di lintasan utama jalur trans Sulawesi, yang terletak di leher Pulau Sulawesi, perbatasan antara Provinsi Gorontalo (451 km) dan Sulawesi Tengah. 

Jalur ini merupakan penghubung utama jalur ekonomi dan mobilitas warga lima provinsi, Sulawesi Utara (779 dari Manado), Sulawesi Tengah (382 km dari Palu), Sulawesi Barat (769 km dari Mamuju), dan Sulawesi Selatan ( 1178 km dari Makassar).

Selain sebagai kepala daerah dua periode, tahun 2017 lalu, Bantilan juga dinobatkan menjadi Raja Tolitoli. Penyematan mahkota kerajaan oleh kakak kandungnya, Hajjah Mogulian Bantilan dan didampingi ketua dewan adat Sibitolu H Ibrahim Saudah. 

Kakaknya Ma'ruf Bantilan juga pernah menjabat bupati dua periode. Ia adalah keturunan langsung Raja Toli-toli.

Berikut videonya: