Tetapi belakangan, ketika wabah corona menerjang Indonesia, Terawan seolah menghilang.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mendadak jarang muncul ke publik di tengah semakin ganasnya serangan virus corona. Padahal saat corona masih merebak di Wuhan, Menkes Terawan cukup sering memberikan pernyataan pers yang isinya meminta masyarakat agar tetap tenang. Salah satu petuah Terawan adalah masyarakat yang sehat tidak perlu mengenakan masker.

Tetapi belakangan, ketika wabah corona menerjang Indonesia, Terawan seolah menghilang. Bahkan, dalam peresmian Wisma Atlet Kemayoran sebagai RS Darurat Corona pada Senin (23/3/2020), Menteri Terawan tak ikut mendampingi Presiden Jokowi. Ada apa gerangan?

Berdasarkan penelusuran, terdapat tiga kegiatan Menkes Terawan dalam seminggu terakhir. Pertama, saat menerima bantuan alat kesehatan dari Sinar Mas dan Indonesian Chamber of Commerce in China (Inacham) di Jakarta, Sabtu (28/3/2020). Kedua, mendampingi Menhan Prabowo menerima alat kesehatan dari China di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (23/3/2020). 

Ketiga, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian mengatakan Menkes Terawan sedang fokus menyiapkan sejumlah fasilitas kesehatan bagi pasien covid-19.