Listrik gratis dari Jokowi setidaknya telah ikut meringankan beban Anies selama tiga bulan ke depan.

Beban Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedikit berkurang setelah Presiden Jokowi resmi mengumumkan akan menggratiskan pelanggan listrik 450 VA selama April, Mei, dan Juni 2020. Adapun pelanggan 900 VA akan mendapat diskon hingga 50%. 

Kebijakan ini ditempuh Presiden dalam rangka mengurangi beban masyarakat menyusul wabah virus corona. Demikian diungkapkan Jokowi dalam keterangan pers melalui video yang disiarkan saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (31/3/2020).

Di Jakarta saja, berdasarkan data Unit Induk Distribusi (UID) PLN Jakarta Raya, pengguna listrik 450 VA subsidi di Jakarta hingga Februari 2020 tercatat sebanyak 246.272. Dengan kata lain, listrik gratis dari Jokowi setidaknya telah ikut meringankan beban Anies selama tiga bulan ke depan.

Hingga September 2019, total pelanggan dari semua golongan listrik di Jakarta adalah sebanyak 4,52 juta. Dari total 4,52 juta pelanggan itu, sebanyak 94% adalah pelanggan rumah tangga, sementara pelanggan bisnis sebesar 6%. Meski hanya 6%, pendapatan PLN UID Jakarta Raya dari sektor bisnis mencapai 35% dari total pendapatan akumulasi.