Proses seleksi empat jabatan tersebut telah digelar sesuai prosedur yang berlaku.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diperkuat personel kepolisian. Diketahui, Ketua KPK Firli Bahuri saat ini merupakan seorang jenderal polisi yang mulai menjabat sejak tahun lalu. Kini, dua perwira kepolisian yakni Brigjen Karyoto dan Kombes Endar Priantoro dipastikan akan kembali memperkuat lembaga antikorupsi itu.

Masuknya dua perwira polisi ke KPK diketahui telah lebih dulu melalui proses seleksi empat jabatan struktural. Yakni, Deputi Informasi dan Data (Inda), Deputi Penindakan, Direktur Penyelidikan, dan Kabiro Hukum KPK. Pimpinan KPK telah memilih nama-nama untuk menduduki empat posisi strategis tersebut. Keempat nama itu rencananya akan dilantik Ketua KPK pada Selasa (14/4) besok.

“Pelantikan direncanakan akan dilakukan besok, Selasa 14 April 2020 di Auditorium Gedung Penunjang KPK sekitar pukul 09.30 WIB,” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri dalam pesan singkatnya, Senin (13/4/2020).

Ali menyebut proses seleksi empat jabatan tersebut telah digelar sesuai prosedur yang berlaku. Tahap seleksi administrasi dan tes potensi serta penilaian telah dilakukan pada rentang waktu 5 sampai 17 Maret 2020. Berikutnya tes wawancara dan kesehatan telah dilakukan sejak 2 sampai 7 April 2020.

Berdasar informasi yang dihimpun, Deputi Penindakan akan diisi Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Brigjen Pol Karyoto. Sementara Direktur Penyelidikan KPK pun kabarnya diisi oleh Kombes Pol Endar Priantoro yang saat ini menjabat Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Terkait hal ini, Kapolri Jenderal Idham Azis berpesan kepada agar Jenderal Karyoto dan Kombes Priantoro bekerja dengan baik dan menjaga amanah.

"Semoga yang bersangkutan mampu melaksanakan tugas nantinya dengan baik dan menjaga nama baik Polri. Saya mengapresiasi yang bersangkutan, karena mampu melalui proses seleksi yang dilakukan oleh KPK,” kata Jenderal Idham di Jakarta, Senin (13/4/2020).