Awalnya, jenazah telah tiba di pemakaman diantar oleh satu orang petugas berpakaian hazmat.

Viralnya aksi Bripka Jerry Tumundo yang ikut membantu pemakaman jenazah korban Covid-19 kembali mendapat apresiasi. Jika sebelumnya Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Royke Lumowa telah memberikan piagam penghargaan kepada Bripka Jerry, kali ini apresiasi bahkan datang langsung dari Kapolri Jenderal Idham Azis.

Diketahui, Bripka Jerry memakamkan jenazah korban corona yang sempat tertunda dua jam lantaran Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara tak kunjung datang pada Jumat (10/4/2020) lalu.

Dengan perlengkapan seadanya, Kanit Reskrim Polsek Dimembe Polres Minahasa Utara, Sulawesi Utara itu membantu proses pemakaman jenazah korban Covid-19. Awalnya, jenazah telah tiba di pemakaman diantar oleh satu orang petugas berpakaian hazmat. Sementara petugas lain yang bertugas memakamkan tak kunjung datang.

Adapun warga setempat tak berani membantu memakamkan jenazah karena tidak memiliki APD (alat pelindung diri) sesuai protokol kesehatan. Bripka Jerry yang datang bersama Kapolsek pun menginisiasi untuk membantu proses pemakaman meski menggunakan APD tak standar protokol kesehatan.

Sebagai bentuk apresiasi, Kapolri menghubungi Bripka Jerry melalui video call. Dalam percakapan di video call itu, Kapolri menaruh respek atas keberanian Bripka Jerry. Kapolri mengaku bangga betul dengan kinerja Jerry.

“Hormat saya atas nama pribadi dan institusi Polri mengucapkan terima kasih an respek sama hasil kerja kemanusiaan Pak Jerry. Saya terima kasih. Seluruh anggota Polri bangga sama ketulusan dan keikhlasan kamu bekerja membantu memakamkan korban Covid-19,” ucap Kapolri kepada Bripka Jerry.

Selain itu, Kapolri bahkan langsung memberikan tiket sekolah untuk Bripka Jerry. Tiket itu berupa sekolah tahun depan di SIP (Sekolah Inspektur Sarjana).

“Saya nanti buatkan telescouting untuk ngana sekolah tahun depan di SIP ya. Besok suratnya saya kirim ke Kapolda,” ucap Kapolri.

Mendengar apresiasi tersebut, Bripka Jerry mengucapkan terima kasih atas apresiasi dari orang nomor satu di institusi Polri. Bapak tiga ini terharu saat Kapolri mengucap memberikan tiket sekolah di SIP.

“Siap Jenderal, Terima kasih Jenderal,” sahut Bripka Jerry.