Pergantian ini bermula dari mundurnya Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur untuk mengikuti Pemilihan Presiden pada 2018 lalu.

Pelantikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria akan dilaksanakan pada Rabu (15/4/2020). Dikabarkan, Presiden Jokowi akan memimpin pelantikan di Istana Negara, dengan jumlah undangan yang sangat terbatas.

Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Gerindra, Mohammad Taufik menyatakan, acara pelantikan akan digelar pada pukul 13.00. “Pimpinan (DPRD) saja (yang diundang) karena terbatas. Saya kemungkinan hadir,” singkat Taufik.

Diketahui, DPRD DKI Jakarta telah selesai menggelar pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Hasilnya,  jagoan Gerindra Ahmad Riza Patria menang telak dengan meraup 81 suara,mengalahkan calon dari PKS Nurmansjah Lubis mendapatkan 17 suara.

Ada 100 orang anggota DPRD DKI yang hadir dalam pemilihan kemarin dan memberikan suaranya. Dari total pemilih tersebut terdapat dua kertas suara yang tidak sah. Adapun pergantian ini bermula dari mundurnya Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur untuk mengikuti Pemilihan Presiden pada 2018 lalu.