Budi kemudian dinyatakan sembuh usai menjalani perawatan kurang lebih selama satu bulan di RSPAD Gatot Subroto.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dikabarkan telah ikut bersama sejumlah menteri kabinet dalam rapat terbatas bersama Presiden Jokowi yang digelar tertutup melalui video conference di Jakarta Senin (27/4/2020).

"Beliau sudah sehat dan sekarang ikut rapat intern kabinet. Ini kami masih rapat intern," ujar Menteri Sosial Juliari Batubara melalui pesan singkat kepada wartawan.

Juliari mengatakan, rapat ini merupakan kali pertama yang diikuti Budi usai sembuh dari Covid-19. Budi telah diizinkan pulang pada 15 April lalu usai dirawat di RSPAD Gatot Subroto. "Betul ini yang pertama kali. Semoga beliau sehat terus," katanya.

Disebutkan, Budi juga telah menghadiri pertemuan-pertemuan internal di lingkungan Kementerian Perhubungan. Meski demikian, dia belum resmi menjalankan kembali tugasnya sebagai Menhub.

Diketahui, sejak dinyatakan positif terinfeksi corona, tugas Budi sebagai menteri digantikan oleh Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Budi kemudian dinyatakan sembuh usai menjalani perawatan kurang lebih selama satu bulan di RSPAD Gatot Subroto. 

Saat ini, Budi masih harus menjalankan isolasi diri selama 14 hari. Isolasi ini untuk menyakinkan kondisi pasien setelah dinyatakan sembuh.

Jika nanti Budi sudah kembali ke kabinet, itu berarti tugas dan tanggung jawab Luhut Panjaitan otomatis akan sedikit berkurang.