Ribuan karyawan Google memberontak terhadap unit Greene yang memasok militer AS dengan alat kecerdasan buatan untuk membantu dalam menganalisis citra pesawat tak berawak.

MANTAN pemimpin produk Oracle Corp, Thomas Kurian, akan menggantikan Diane Greene sebagai kepala divisi cloud di Alphabet Inc Google dalam beberapa minggu mendatang. Greene mengumumkannya dalam sebuah posting blog pada Jumat (16/11).

Greene mengatakan dia telah bergabung dengan Google tiga tahun lalu dengan rencana untuk pergi setelah dua tahun dan akan pindah ke investasi dan filantropi pada bulan Januari.

Kurian, yang menghabiskan 22 tahun di Oracle dan telah menjadi teman dekat pendirinya, Larry Ellison, mengundurkan diri pada September setelah berjuang untuk memperluas bisnis cloud-nya.

Google mengumumkan pada Februari bahwa divisi cloud, yang menjual layanan komputasi, penyimpanan data online, dan perangkat lunak produktivitas seperti alat email dan spreadsheet, menghasilkan lebih dari $ 1 miliar dalam pendapatan kuartalan.

Pencapaian itu mengalami kemunduran beberapa bulan kemudian ketika ribuan karyawan Google memberontak terhadap unit Greene yang memasok militer AS dengan alat kecerdasan buatan untuk membantu dalam menganalisis citra pesawat tak berawak. Greene menanggapi dengan mengumumkan kesepakatan untuk tidak memperanjangnya.

Penolakan atas pekerjaan militer mendorong komite internal karyawan terkemuka untuk mengeluarkan prinsip-prinsip luas perusahaan untuk mengatur penggunaan sistem intelijen buatan Google, termasuk larangan menggunakannya untuk mengembangkan persenjataan. Langkah ini pada dasarnya membatasi basis pelanggan potensial unit cloud.

Google juga mundur dari penawaran untuk kontrak cloud computing militer senilai $ 10 miliar, dengan alasan kurangnya sertifikasi untuk menangani data sensitif.

Menutup dan memperluas transaksi tersebut akan memberi Google Cloud dorongan besar ketika mencoba untuk mengejar pesaing Amazon.com Inc dan Microsoft Corp. Perjalanan bisnis cloud Oracle milik Google.

Steve Koenig, seorang analis keuangan, mengatakan Kurian lebih baik diposisikan di Google untuk mendorong pertumbuhan penjualan bisnis daripada di perusahaan sebelumnya. []