Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu menyoroti ketupat dan panci yang terekam dalam video tersebut.

Video ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diunggah pada Sabtu (23/5/2020), dikomentari Roy Suryo.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu menyoroti ketupat dan panci yang terekam dalam video tersebut. Menurut analisisnya, video itu direkam siang hari.

Melalui akun Twitternya, Roy mengunggah gambar tangkapan layar dari video Jokowi. Ia pun memberikan lingkaran merah di bagian hidangan dan panci yang di belakang Jokowi dan Iriana.



Menurut Roy, melihat refleksi cahaya dari panci dan beberapa hal lain maka video itu direkam saat siang hari.

"Begini teknis ilmiah-nya: Istana Bogor BEV (Bird-eye-View), kijang-kijang, danau: jelas siang hari. Ruangan: sinar matahari di jendela. Pak Jokowi & Ibu Iriana: ada Side-Light sangat kuat & rata dari kanan, sifat Daylight, bukan Tungsten (Lampu) (Kuliah Tata Cahaya, 6 SKS)," tulis Roy.

Dalam cuitan berikutnya, Roy berpendapat kalau ketupat dan panci itu hanya aksesori saja.

"Makanya karena saya masih yakin Pak Jokowi & Ibu Iriana juga baru ber-Lebaran mulai hari ini (Minggu--red), maka semua makanan, minuman, ketupat, bahkan tempat lauk di belakang itu hanya aksesori shooting / property saja, karena secara teknis fotografis shooting dilakukan siang hari," ucap Roy.



Pada cuitan yang lain, Roy sempat memuji video ucapan itu dibuat dengan bagus. "Tweeps, bagus ini video Ucapan Selamat Hari Raya dari Pak Jokowi & Ibu Iriana, dibuat siang hari di Istana Bogor, diawali Bird-eye-View drone sampai dengan masuk ke ruangan," cuit Roy.

Ia justru mempertanyakan soal ketupat yang dihidangkan di atas meja tepat di depan Jokowi dan Iriana duduk.

"Semoga ketupat, makanan & minuman yang ada di meja itu aksesori shooting saja ya, kan kemarin-kemarin masih puasa?" sindir Roy.

Usai analisanya tersebut, Roy Suryo justru diserang netizen. "Kamu masih halu dengan hal-hal yang berbau panci ya?" cuit aku @nark***

"Ini manusia gak punya kerjaan kali ya..sampai-sampai ngintilin Pak Jokowi mulu..sampe ke urusan panci-panci makanan pun diurusinnya..kek emak-emak lambe turah aja," komentar @Na***.

"Itu panci-panci lo lingker-lingkerin maksutnya buat dijadiin target baru apa bijimana Bambaang??" komentar @Anton**.

"Bro lu ada masalah apa sih sama panci," tulis netizen lainnya.