Total kasus positif di Sumbar sebanyak 681 kasus

sebanyak 423 orang telah dinyatakan sembuh dari Covid 19 di Sumbar. Jumlah orang yang sembuh yang diisolasi di berbagai rumah dakit di Sumbar bertambah sebanyak 12 orang pada hari Minggu (14/06) kemarin, sehingga sekitar 60 persen penderita covid 19 di Sumbar dinyatakan telah sembuh. Adapun pasien pasien sembuh tersebut berasal dari Purus, Alai Parak Kopi, Parupuak Tabing, Andalas, Sawahan, Parak Gadang, Mata Air dan lainnya. Pada hari itu juga terdapat 1 orang meninggal dalam usia 75 tahun dengan status positif.

Adapun untuk perkembangan kasus positif Covid 19 di Sumbar, hingga hari Minggu ini terdapat tambahan 7 orang positif, sehingga total kasus positif di Sumbar adalah sebanyak 681 kasus. Hasil itu diperoleh dari 1.625 sampel swab yang diperiksa oleh Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand dan Balai Veteriner Bukittinggi, dipimpin oleh DR. dr. Andani Eka Putra, pada Sabtu (13/06), hingga Minggu (14/06) pagi. Jumlah sampel swab yang diperiksa tersebut juga mencetak rekor pemeriksaan sampel harian di seluruh lab yang ada di Indonesia.

Hal tersebut juga dipertegas Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Prov. Sumbar, Jasman Rizal, yang juga merupakan Kepala Dinas Kominfo Prov. Sumbar. Ia mengatakan, banyaknya sampel yang diperiksa oleh DR. Andani merupakan rekor baru pemeriksaan sampel swab d Indonesia. Masifnya pemeriksaan sampel swab di Sumbar ini juga mulai menunjukkan hasil ke arah positif. Dalam beberapa hari ini, jumlah penderita Covid yang ditemukan melalui swab rata rata sudah sekitar 10 orang atau kurang per hari.

Sedangkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di umbar hingga hari Minggu ini yakni sebanyak 9.389 orang, dengn rincian dalam proses pemantauan sebanyak 174 orang, karantina Pemda 6 orang dan 168 orang isolasi mandiri. Dan yang telah selesai pemantauan yakni sebanyak 9.215 orang.