Fatah sudah cukup lama berkecimpung di perusahaan pelat merah.

Menteri BUMN Erick Thohir masih belum berhenti melakuka perombakan di perusahaan pelat merah. Jika sebelumnya fokus di perusahaan besar yang akrab di telinga publik, Erick kali ini mulai menyasar perusahaan ‘kecil’ yang masih jarang disorot khalayak.

Terbaru, Erick merombak jajaran petinggi di Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo), pada Kamis (9/7/2020). Posisi Dirut yang semula ditempati Farida Mokodompit kini digantikan oleh Fatah Setiawan Topobroto.

Lalu siapa Fatah? Ternyata, Fatah sudah cukup lama berkecimpung di perusahaan pelat merah. Antara lain pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (PT ASDP) Persero pada 2010 lalu.

Selanjutnya, Fatah pada 2015 juga pernah dipercaya sebagai Direktur PT Citra Marga Nusaphala Persada, perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang konstruksi jalan tol.

Jabatan terakhir yang pernah diembannya adalah sebagai salah satu Direktur di PT PPA (Perusahaan Pengelola Aset) Persero, yang jabatannya berakhir pada 2019. 

Selain posisi Dirut, Erick juga memberhentikan Arief Goentoro selaku Direktur Operasional Perum Perindo. Dia digantikan oleh Raenhat Tiranto Hutabarat. 

Sementara di jajaran dewan pengawas, Sjarief Widjaja selaku Ketua Dewan Pengawas Perum Perindo juga diberhentikan, yang digantikan Muhammad Yusuf. Begitu pula dengan Anggota Dewan Pengawas Agus Indarjo yang digantikan Johnson Sihombing.