Hanya saja, tambahnya, pemindahan tempat penahanan bukan tujuan akhirnya. Tim pengacara, terang Azis Yanuar, tetap menginginkan program asimilasi yang sempat didapat kliennya diberikan kembali

Kuasa hukum Habib Bahar bin Smith, Azis Yanuar, mengaku bersyukur atas pemindahan tempat pemidanaan kembali kliennya dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusa Kambangan ke Lapas Gunung Sindur. Akan tetapi, Azis Yanuar mengatakan, hal itu bukan tujuan akhir. Dia ingin kliennya mendapatkan kembali hak asimilasi.

Lebih jauh Azis Yanuar mengatakan, pemindahan kembali Habib Bahar ke Gunung Sindur akan mempermudah pihaknya maupun keluarga dalam melakukan kunjungan.

"Kita bersyukur, Alhamdulillah. Karena dengan ini pihak keluarga dapat lebih mudah, dekat, dalam rangka mengunjungi Habib Bahar," kata Azis Yanuar, Jumat (10/07/2020).

Selama Habib Bahar menjalani masa pidana di Lapas Nusa Kambangan, tutur Azis Yanuar, pengacara dan keluarga telah melakukan kunjungan sebanyak dua kali. Hanya saja mereka tidak dapat bertatap muka. Pertemuan dilakukan hanya dengan fasilitas video call yang disediakan pihak lapas dengan pertimbangan ancaman penularan Corona Virus Desease 2019 atau COVID-19.

"Pihak kuasa hukum dan keluarga telah dua  kali berkunjung ke Nusa Kambangan. Akan tetapi, karena peraturan terkait protokol COVID-19 semua tahanan tidak bisa dikunjungi. Jadi, hanya bisa menitipkan atau video call. Menitipkan maksudnya menitipkan barang, surat, dan sebagainya," urai Azis Yanuar.

Azis Yanuar menerangkan, pengacara telah mendapatkan surat dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sehari sebelum Habib Bahar dipindahkan. Kata dia, hal tersebut sudah sesuai dengan ketentuan berlaku.

Hanya saja, tambahnya, pemindahan tempat penahanan bukan tujuan akhirnya. Tim pengacara, terang Azis Yanuar, tetap menginginkan program asimilasi yang sempat didapat kliennya diberikan kembali.

"Tujuan kami adalah mengembalikan asimilasinya Habib Bahar sebagaimana seharusnya beliau harus bebas," tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Rika Aprianti, mengatakan pemindahan Bahar dari Nusa Kambangan ke Gunung Sindur dilakukan pada 8 Juli lalu. Ia mengatakan Bahar tiba dalam keadaan aman dan sehat.

"Pemindahan berdasarkan hasil assessment PK Bapas, bahwa yang bersangkutan dapat melanjutkan pembinaan di Lapas Gunung Sindur," imbuh Rika, Jumat (10/07/2020).


Sumber: CNN-Indonesia