Penangkapan seorang eksekutif di Huawei Technologies Co Ltd dari China juga telah mengguncang pasar global di tengah kekhawatiran bahwa itu dapat semakin mengobarkan China-AS. 

CHINA dan Amerika Serikat membahas road map untuk tahap berikutnya dari pembicaraan perdagangan mereka pada Selasa (11/12). Begitu kesimpulan pembicaraan antara Wakil Perdana Menteri Liu He dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Perwakilan Perdagangan Robert Lighthizer.

Bulan ini di Argentina, Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping menyetujui gencatan senjata yang menunda kenaikan tarif AS yang direncanakan sampai 25 persen dari 10 persen pada barang-barang China senilai $ 200 miliar.

Lighthizer mengatakan pada Minggu bahwa kecuali pembicaraan perdagangan AS-China berhasil diselesaikan pada 1 Maret, tarif baru akan dikenakan, memperjelas ada "batas waktu ketat" setelah sepekan yang tampak kebingungan di antara Trump dan para penasihatnya.

Kementerian perdagangan China, dalam pernyataan singkat, mengatakan Liu telah berbicara dengan Mnuchin dan Lighthizer pada Selasa pagi, waktu Beijing, pada panggilan telepon. 

"Kedua belah pihak saling bertukar pandangan tentang memberlakukan konsensus yang dicapai oleh para pemimpin kedua negara pada pertemuan mereka, dan mendorong ke depan jadwal dan peta jalan untuk tahap berikutnya dari pekerjaan konsultasi ekonomi dan perdagangan," kata kementerian itu.

Juru bicara Departemen Keuangan AS menegaskan bahwa pembicaraan dengan Liu memang terjadi, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut. Kantor Perwakilan Dagang AS tidak segera menanggapi pertanyaan tentang pembicaraan tersebut.

Jika Cina dan Amerika Serikat antagonis, maka tidak ada pemenang, dan itu akan merugikan seluruh dunia,

Liu pendidikan Harvard, penasihat ekonomi top Xi, memimpin pembicaraan di pihak China.

Dalam komentar yang dilaporkan secara terpisah oleh televisi pemerintah pada Selasa, diplomat penting pemerintah China, Penasihat Negara Wang Yi, mengatakan jika China dan AS bekerja sama, itu akan menguntungkan seluruh dunia.

"Jika Cina dan Amerika Serikat antagonis, maka tidak ada pemenang, dan itu akan merugikan seluruh dunia," kata saluran televisi itu.

Pasar global gelisah tentang bentrokan yang berkembang antara dua kekuatan ekonomi terbesar dunia atas surplus perdagangan China yang besar dengan Amerika Serikat dan klaim Washington bahwa Beijing mencuri kekayaan intelektual dan teknologi.

Penangkapan seorang eksekutif di Huawei Technologies Co Ltd dari China juga telah mengguncang pasar global di tengah kekhawatiran bahwa itu dapat semakin mengobarkan China-AS. 

">">