Program beasiswa pendidikan itu merupakan investasi jangka panjang dalam meningkatkan kualitas hidup, mendorong kemajuan dan kemandirian

PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) menggulirkan program beasiswa pendidikan sarjana tahun 2020 kepada siswa-siswi di Kabupaten Kutai Kartanegara. Program yang diberi nama Beasiswa Sanga Sanga dan Beasiswa Laskar Sanga Sanga tersebut merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan PHSS dalam bidang Pendidikan.

Program beasiswa itu didukung oleh SKK Migas Perwakilan Kalimantan dan Sulawesi, Ikatan Ahli Fasilitas Produksi Minyak dan Gas Bumi Indonesia (IAFMI) berkolaborasi dengan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP45).

Proses seleksi penerima beasiswa telah dilakukan selama kurang lebih dua bulan, sejak bulan Juli yang melibatkan Sekolah Menengah Atas/sederajat di 6 wilayah kecamatan sekitar operasi PHSS (Muara Badak, Marangkayu, Anggana, Muara Jawa, Sanga Sanga, Samboja), instansi pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, pemerintah kecamatan setempat, serta UP 45 Yogyakarta.

Pada 18 September 2020, Tim UP45 Yogyakarta telah mengumumkan 7 penerima beasiswa yang terdiri dari 5 orang penerima beasiswa Sanga Sanga dan 2 orang penerima beasiswa Laskar Sanga Sanga.

Manager Legal & Relations PHSS Sugeng Wiharto menjelaskan, program beasiswa pendidikan itu merupakan investasi jangka panjang dalam meningkatkan kualitas hidup, mendorong kemajuan dan kemandirian serta sebagai upaya nyata mendukung program pemerintah dalam menyiapkan SDM yang unggul dan berdaya saing.

“Kami berharap program itu dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan kelak penerima beasiswa dapat menjadi insan perubahan bagi kemajuan di daerahnya,” sambung Sugeng.

Kepala Sekolah SMAN 1 Muara Badak Nurmalawati, yang didukung oleh Mashussuharini, Kepala Sekolah MA Darul Iklas, berharap agar program beasiswa ini dapat dilakukan secara reguler setiap tahun sehingga pihak sekolah dapat mengumumkan lebih awal untuk memotivasi siswa-siswi mendapatkan beasiswa itu.

“Kami sangat mengapresiasi program beasiswa pendidikan itu, karena terkadang ada siswa yang berprestasi tapi kurang mampu untuk membiayai kuliah. Program tersebut menjadi salah satu jawaban dari doa anak-anak,” tutur Nurmalawati.

Salah satu penerima beasiswa dari SMAN 1 Muara Badak Galih Rachman, mengungkapkan bahwa beasiswa ini membantu dia mewujudkan cita-citanya untuk membawa dan mengaplikasikan pengetahuan tentang perminyakan yang akan dipelajari nanti serta keinginan menimba ilmu di universitas di luar Kaltim, khususnya di kota Pelajar, Yogyakarta.

Pemberian beasiswa ini mendapat apresiasi dari Manajer Senior Humas SKK Migas Kalsul Sebastian Julius. Menurutnya, SKK Migas mendukung penuh program beasiswa PHSS ini sebagai kontribusi industri hulu migas untuk meningkatkan SDM masyarakat Kukar sehingga mampu bersaing di dunia kerja atau berwirausaha.

Sebagai salah satu anak perusahaan PT Pertamina Hulu Indonesia, PHSS meyakini bahwa kemitraan yang harmonis antara perusahaan, Pemerintah, dan masyarakat dapat mendukung keberlangsungan operasi migas dan ketersediaan energi yang penting bagi kemajuan Indonesia.