Baik Soerya Respationo, Isdianto maupun Ansar Ahmad merupakan tiga nama yang punya jam terbang tinggi di pilkada Bumi Lancang Kuning.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kepulauan Riau 2020, bakal diikuti tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Ketiganya paslon masing-masing Soerya Respationo-Iman Sutiawan, Isdianto-Suryani dan Ansar Ahmad-Marlin Agustina.

Pasangan Isdianto-Suryani yang diusung PKS, Hanura, dan Demokrat. Sementara pasangan Ansar Ahmad-Marlin Agustina yang diusung NasDem, Golkar, PAN, dan PPP. Sedangkan pasangan Soerya Respationo-Iman Sutiawan yang diusung PDIP, Gerindra, dan PKB.

Baik Soerya Respationo, Isdianto maupun Ansar Ahmad merupakan tiga nama yang punya jam terbang tinggi di pilkada Bumi Lancang Kuning.

Meski ketiganya saling mengenal satu sama lain, namun Pilgub Kepri 2020 dipastikan bakal seru, sengit dan menarik. Ketiganya khatam betul visi dan misi apa yang harus diusung agar bisa mengantar mereka duduk sebagai Kepri 1.

Nama Soerya Respationo mencuat saat Pilgub Kepri 2005. Saat itu, untuk pertama kalinya dilakukan pemilihan kepala daerah secara langsung.

Dipasang sebagai calon wakil gubernur, Respationo mendampingi Nyat Kadir. Keduanya menghadapi pasangan Rizal Zein-Firman Bisowarno dan pasangan  Ismeth Abdullah-H.M. Sani. Saat itu Respationo harus mengakui pasangan  Ismeth Abdullah-H.M. Sani yang dinyatakan sebagai pemenang.

Soerya Respationo kembali naik panggung di Pilgub Kepri 2010. Kali ini ia tak berduet dengan Nyat Kadir. Tahun itu, Respationo maju mendampingi calon gubernur Muhammad Sani.

Pasangan Muhammad Sani-Soerya Respationo dinyatakan memenangi pemilihan umum kepala daerah Provinsi Kepulauan Riau.

Sani dan Respatino unggul dari dua calon lainnya, yakni pasangan Nyat Kadir-Zulbahri dan pasangan Aida Zulaika Ismeth-Eddy Wijaya.

Dinamika politik terus bergulir pada 2015. Muhammad Sani dan Soerya Respationo sama-sama membuat poros politik dalam pertarungan Pilgub Kepri. Meski semula berpasangan, keduanya memilih jalan berpisah.

Muhammad Sani berpasangan dengan Nurdin Basirun, sedangkan Soerya Respationo berpasangan dengan Ansar Ahmad.

Nurdin Basirun merupakan mantan Bupati Karimun, Ansar Ahmad mantan Bupati Bintan.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kepri HM Sani-Nurdin Basirun ditetapkan sebagai pemenang Pilkada 2015 Provinsi Kepulauan Riau. Perolehan suara keduanya mengalahkan suara pasangan Soerya Respationo dan Ansar Ahmad.

Dalam perjalanannya, Muhammad Sani wafat dan jabatan Gubernur Kepri diemban Nurdin Basirun.

Ada yang unik pada Pilgub Kepri 2020 kali ini. Awalnyan Soerya Respationo memastikan akan maju bersama Isdianto.

Isdianto adalah Wakil Gubernur Kepri dan ditunjuk sebagai Plt Gubernur Kepri setelah Nurdin Basirun ditangkap KPK.

Namun seiring waktu, Isdianto justru maju swbagai calon gubernur dengan didampingi oleh Suryani sebagai calon wakilnya. Sementara Ansar Ahmad maju berduet dengan Marlin Agustina.