Sebelumnya, Bahar ditetapkan sebagai tersangka dan divonis 3 tahun karena melakukan penganiayaan pada dua remaja. 

Habib Bahar bin Smith kembali menjadi tersangka dalam kasus dugaan penganiayaan. Penetapan tersangka tercantum dalam surat nomor B/4094/X/2020/Ditreskrimum Polda Jawa Barat yang dikeluarkan pada 21 Oktober di Bandung dengan pelapor yang menjadi korban bernama Andriansyah pada 4 September 2018.

Surat tersebut ditandatangani langsung Dirreskrimum Polda Jabar, Kombes Pol Patoppoi. Bahar diduga melakukan tindak penganiayaan secara bersama-sama sebagaimana diatur dalam Pasal 170 KUHP dan 351 KUHPidana.

Kombes Pol Patoppoi membenarkan terkait penetapan tersangka kepada Habib Bahar bin Smith. Ia mengatakan, penetapan tersangka dilakukan setelah polisi melakukan rangkaian gelar perkara dengan kejadian dugaan penganiayaan di Bogor.



"Betul, hasil gelar telah ditetapkan tersangka," ujarnya kepada wartawan, Selasa (27/10). Ia menambahkan, pelapor merupakan korban sendiri dan dugaan penganiayaan terjadi di wilayah Bogor.

"Pelapor korban sendiri, TKP di Bogor," ungkapnya.

Pattopoi lebih lanjut tidak menjelaskan rinci tentang kronologi dugaan penganiayaan yang membuat Bahar ditetapkan jadi tersangka. Sebelumnya, Bahar ditetapkan sebagai tersangka dan divonis 3 tahun karena melakukan penganiayaan pada dua remaja. 

Habib Rizieq Pulang Kampung

Sementara, Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab menyatakan akan kembali ke Indonesia dalam waktu dekat. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Habib Rizieq dalam video yang beredar viral di media sosial.

Terlihat dalam video berdurasi 1 menit 30 detik itu, Habib Rizieq yang berpakaian serba putih, berbicara terkait kepulangannnya ke Tanah Air. Habib Rizieq memastikan dirinya dan keluarga akan pulang dalam waktu dekat.



"InsyaAllah kalau tidak ada halangan dalam waktu dekat saya sekeluarga akan kembali ke tanah air. InsyaAllah dalam waktu dekat ini, tidak lama lagi, saya sekeluarga akan kembali ke Indonesia, akan pulang ke Tanah Air," kata Habib Rizieq seperti dalam video yang dilihat detikcom, Senin (26/10/2020).

Berikut ini pernyataan lengkap terkait kepulangan Habib Rizieq ke tanah air yang beredar di media sosial:

Sementara di antara kita semua dimana insyaAllah kalau tidak ada halangan dalam waktu dekat saya sekeluarga akan kembali ke tanah air. InsyaAllah dalam waktu dekat ini, tidak lama lagi, saya sekeluarga akan kembali ke Indonesia, akan pulang ke tanah air, dan akan kembali berjuang bersama umat Islam di kita punya negeri tercinta.

Amin ya Rabbal Alamin, karena bagaimanapun juga Indonesia adalah negeri kita semua, Indonesia adalah tanah air kita, dan kita semua sangat mencintai kita punya negeri. Nah melihat kondisi kita punya negeri saat ini dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Artinya kondisi yang sangat memprihatinkan tentu membutuhkan kepedulian yaitu dari setiap rakyatnya, dari setiap bangsanya, termasuk kepedulian perhatian dari para habaib, ulama, tokoh, aktivis, bagaimana supaya kita bisa bergandeng tangan, bahu-membahu menyelamatkan kita punya negeri dari keterpurukan, karena saat ini kita punya negeri....

Belum diketahui pasti kapan dan di mana momen Habib Rizieq menyatakan niatnya pulang bersama keluarga ke Indonesia dalam waktu dekat tersebut. Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPP FPI Slamet Maarif hanya meminta doa agar Rizieq bisa segera pulang.

"Doakan insyaAllah secepatnya," kata Slamet saat dihubungi, Senin (26/10). Slamet berharap tidak ada lagi hambatan terkait kepulangan Habib Rizieq. "Semoga," ucapnya.