Menurut Agus, pengangkatan mereka merupakan bagian dari membangun budaya yang mengutamakan meritokrasi di atas senioritas.

PT Pertamina (Persero) memenuhi kemauan Komisaris Utama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok agar memberikan kesempatan bagi semua karyawan menempati posisi strategis di Pertamina. 

Terbukti, Pertamina menempatkan sembilan karyawan milenial di posisi direksi anak usaha. Menurut SVP Corporate Communication & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto, usia para anak muda ini rata-rata berkisar 40 tahun. Tidak tanggung-tanggung, mereka menempati posisi strategis jajaran direksi di subholding dan anak perusahaan Pertamina.

“Meski usia mereka masih terbilang muda, namun prestasi dan skill mereka sudah teruji selama ini. Ditambah lagi, mereka juga sudah menempuh high level program dari perusahaan yang bertujuan memaksimalkan potensinya melalui Talent Management System Development," kata Agus dikutip Selasa (3/11/2020).

Dia menambahkan, pemilihan mereka juga dilakukan dengan beberapa kriteria yang ketat. Selain itu ada sederet program pengembangan yang didesain untuk menjawab tantangan saat ini dan masa depan.

Sebelumnya Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menyatakan posisi-posisi strategis di perusahaan seperti Vice President (VP) hingga direksi anak usaha, bisa ditempati oleh seluruh karyawan. Mereka bisa mendaftar untuk posisi tersebut, tanpa perlu menggunakan jenjang karier.

"Sekarang kami ada aplikasi online untuk karier ini kita bidding ini ada posisi VP, posisi manajer, SVP, ada direksi anak usaha," kata Nicke dalam sebuah diskusi virtual, Selasa (11/8).

Hal ini juga sejalan dengan program yang didorong oleh Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, untuk membuka kesempatan yang sama bagi semua pekerja dalam menempati suatu posisi jabatan. Tentu dengan syarat, selama kandidat memenuhi kompetensi yang dibutuhkan.

"Yang perlu kita perhatikan pada seluruh insan Pertamina adalah kita akan memasuki sebuah budaya baru. Membuka kesempatan kepada seluruh insan Pertamina, golongan yang PRL-nya di bawah 15 pun, Anda berhak untuk ikut tes menduduki sampai SVP," kata Ahok seperti dikutip dari video yang diunggah Pertamina, Kamis (16/7).

Menurut Agus, pengangkatan mereka merupakan bagian dari membangun budaya yang mengutamakan meritokrasi di atas senioritas. Hal ini untuk mengoptimalkan kesempatan menemukan talenta terbaik dari Pertamina Grup dan juga meningkatkan kepercayaan stakeholder atas transparansi proses pemilihan pejabat.

"Maka Pertamina juga menggunakan Internal Job Posting (IJP) sebagai alternatif mendapatkan kandidat terbaik,” ujar Agus.