Pilkada Kabupaten Supiori 2020 diikuti oleh 16.791 pemilih dengan jumlah TPS sebanyak 59

Kabupaten Supiori merupakan Kabupaten Pemekaran dari Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten ini dibentuk dengan Undang-Undang Nomor 35 tahun 2003, mempunyai wilayah daratan dengan luas sebesar 704,24 Km2 dan wilayah perairan seluas 5.993 Km2. Wilayah Kabupaten Supiori sebagian besar terletak di Pulau Supiori dan sebagian lainnya di Pulau Biak. Ibukota Supiori terletak di Sorendiweri, Distrik Supiori Timur, Kabupaten ini terletak antara 0°55’-1°31’ Lintang Selatan dan 134°67’-136°48’ Bujur Timur dengan luas wilayah 634,24 km2. 

Kabupaten Supiori terdiri dari 68 Pulau dimana sebagian besar pulau-pulau tersebut berpenghuni. Dengan demikian ciri kabupaten ini adalah kepulauan dan sekaligus kabupaten perbatasan antar negara karena berbatasan langsung dengan Negara Philipina dan Negara Kepulauan Palau, Distrik dengan wilayah terluas berada di Distrik Supiori Timur seluas 196,26 km2dan Distrik Supiori Utara adalah Distrik dengan luas wilayah terkecil yaitu 79,83 km2. 

Pada tahun 2016 Kabupaten ini terdiri dari 5 Distrik dan 38 Kampung, Distrik Supiori Timur memiliki jumlah Kampung terbanyak yaitu 10 Kampung dan Distrik Supiori Utara dengan jumlah Kampung paling sedikit yaitu 5 Kampung. Adapun batas-batas wilayah Kabupaten Supiori yaitu di bagian utara berbatasan dengan Samudra Pasifik, bagian selatan berbatasan dengan Selat Yapen, bagian barat berbatasan dengan Selat Aruri dan bagian timur berbatasan dengan Kabupaten Biak Numfor.

Penggunaan lahan pertanian di Kabupaten Supiori di dominasi oleh pertanian lahan kering berupa tegalan dan perkebunan dengan luas lahan sebesar 2486 Ha, sedangkan pertanian lahan basah belum berkembang. Sektor pertanian tanaman pangan tidak dapat di kembangkan secara optimal karena sebagian besar wilayah adalah hutan lindung (cagar alam). Jumlah produksi tanaman sayuran di Kabupaten Supiori antara lain: bawang merah sebanyak 77,8 ton, kankung 30,1 ton, kacang panjang 9,1 ton dan tomat 5,3 ton. Sementara jumlah produksi buah-buahan antara lain: durian sebanyak 56,1 ton, pisang 39,5 ton, mangga 34,9 ton, papaya 31,9 ton dan jeruk 24,9 ton.

Menurut Data Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Supiori , luas kawasan hutan Kabupaten Supiori adalah 72.642,52 Ha yang terdiri dari: hutan lindung seluas 6.514 Ha, hutan suaka alam 41.900 Ha, hutan produksi terbatas 373 Ha dan areal pegunungan lain (APL) seluas 23 855,52 Ha, tidak terdapat areal yang di peruntukan bagi hutan produksi (HPK).

Listrik di Supiori dikelola oleh PLN Biak Numfor. Dari 5 kecamatan, baru 3 Distrik yang dilayani oleh PLN yaitu Distrik Supiori Timur, Distrik Supiori Utara dan Distrik Supiori Barat. Untuk Distrik Supiori Timur dan Supiori Utara, penyaluran jaringan listrik dilakukan melalui jaringan yang terintegrasi dengan Kabupaten Biak Numfor. Hal ini mengakibatkan data pembangkit tenaga listrik tidak bisa diperoleh karena datanya tergabung dalam satu pencatatan. Untuk Distrik Supiori Barat, pembangkit tenaga listrik dilakukan melalui pembangkit sendiri dan berupa listrik desa.

Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Supiori telah menetapkan nomor urut bagi lima pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Supiori tahun 2020 . Kelima Pasangan calon tersebut dengan nomor urut masing –masing Nomor Urut 1 Calon Bupati Obeth Rmbarar,S.Pak.M.Pd. calon Wakil Bupati Daud Imanuel Olaf Marisan,S.Pd.M.Pd yang diusung oleh PAN, PKB dan Garuda. Nomor Urut 2, Pasangan Calon Bupati Ruth Naomi Rumkabu,S.Pd , Calon wakil Bupati Piet Karel Pariaribo,SH, yang diusung oleh Hanura, Gerindra dan PKS. Nomor Urut 3. Calon Bupati Jacobus Kawer ,S.P,Calon Wakil Bupati Salmon Rumbekwan ,S.Sos.M.MA yang maju dari jalur perseorangan. Nomor urut 4, Pasanagan Calon Bupati dan wakil Bupati Calon Bupati Ronny Sylvado Gustaf Mammoribo,S.STP.M.Si yang diusung oleh  PDI Perjuangan, NasDem dan Perindo serta Nomor urut 5, Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati .calon Bupati Drs.Yan Imbab,  calon wakil Bupati Nichodemus Ronsumbre yang diusung oleh Partai Golkar dan Demokrat. Jumlah DPT Kabupaten Supiori sebanyak 16.791 DPS dengan 59 TPS.