Untuk daerah-daerah sulit kami berkoordinasi dengan Kodim dan bantuan ini diserahkan ke Lanud Syamsudin Noor untuk diteruskan penyalurannya menggunakan helikopter

Pemerintah melalui Perum Bulog menyalurkan 9.000 paket sembako untuk korban banjir bandang di Kalimantan Selatan (Kalsel). Paket sembako itu dikemas dalam goodie bag berwarna merah putih bertuliskan Bantuan Presiden (Banpres).

Paket sembako itu masing-masing berisi 5 kilogram (kg) beras, 1 kg gula pasir, 1 liter minyak goreng, dan 1 pak teh celup ke wilayah-wilayah yang terdampak di Kalsel.

"Sesuai dengan arahan Bapak Presiden Jokowi agar semua pihak membantu dan BULOG sebagai salah satu komponen bangsa dan bagian dari BUMN langsung bergerak membantu warga korban banjir di wilayah Kalimantan Selatan sejak dua hari lalu," kata Direktur Bisnis Bulog Febby Novita dalam keterangan resminya, Selasa lalu (19/1/2021).

Penyaluran Banpres itu dilakukan Bulog bersama TNI, kepolisian, dan pemerintah daerah (Pemda).

"Untuk daerah-daerah sulit kami berkoordinasi dengan Kodim dan bantuan ini diserahkan ke Lanud Syamsudin Noor untuk diteruskan penyalurannya menggunakan helikopter," kata Febby.

Banpres ini diharapkan dapat meringankan beban yang tengah dialami korban di Kalsel. "Kami berharap Bantuan Presiden ini dapat meringankan beban dan memberikan manfaat langsung bagi saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah di sana," kata Febby.

Ke depannya, perusahaan pelat merah itu juga akan menyalurkan bantuan bagi korban bencana Gempa Bumi di Majene dan Mamuju di Provinsi Sulawesi Barat.