ANTAM memiliki tim tanggap darurat yang berpengalaman dalam penanganan dampak bencana alam di Indonesia

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) melakukan penanganan dampak bencana alam yang melanda berbagai wilayah di Indonesia pada awal tahun 2021 ini. Diantaranya gempa bumi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, banjir di Kabupaten Halmahera Utara, banjir bandang dan tanah longor di Kawasan Gunung Mas, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Direktur Operasi dan Produksi ANTAM, Hartono mengatakan:

“ANTAM memiliki tim tanggap darurat yang berpengalaman dalam penanganan dampak bencana alam di Indonesia. Perusahaan siap  mendukung langkah Pemerintah dalam penanggulangan bencana. Tim tanggap darurat dan paramedis telah diterjunkan untuk membantu mengurangi beban masyarakat atas bencana alam yang terjadi.”

Di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, ANTAM telah mengirimkan Tim Tanggap Darurat dengan kompetensi rescuer pada collapse structure search & rescue (CSSR) serta paramedis dengan membawa obat-obatan untuk memberikan pertolongan pertama bagi para korban bencana gempa bumi sejak 17 Januari 2021 lalu.

Hingga pada 22 Januari 2020, Tim Tanggap Darurat ANTAM yang tergabung dalam Tim ESDM Siaga Bencana secara intensif membantu posko pengungsian di Dusun Ujung Bulo, Dusun Ujung Bulo Wisata dan Dusun Nangka, Pulau Karampuang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Pelayanan kesehatan dan pengobatan dilakukan terhadap puluhan warga pengungsi disertai dengan pemberian masker dan obat-obatan.

Sebanyak 500 unit alat rapid test antigen juga telah diserahkan melaui Tim ESDM Siaga Bencana, Dinas Kesehatan dan Kantor Pelayanan Pajak setempat untuk dapat digunakan oleh masyarakat di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat pada tanggal 25 Januari 2020. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, ANTAM  juga telah mengantarkan bantuan logistik secara langsung kepada para pengungsi di Mamuju berupa beras, bahan makan, tikar, selimut dan popok bayi pada 20 Januari 2020.

Di Kabupaten Halmahera Utara, ANTAM mendistribusikan bantuan logistik diantaranya susu dan makanan ringan bagi korban banjir di posko pengungsian di Kecamatan Kao Barat dan Kecamatan Galela pada 19 Januari 2021.

Selain itu, di Jawa Barat, Perusahaan juga menyerahkan bantuan logistik berupa bahan makanan dan hand sanitizer untuk korban banjir di kawasan Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Serta dukungan logistik bagi korban yang terdampak banjir dan tanah longsor Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Begitu pula banjir yang melanda Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ANTAM telah menyalurkan bantuan berupa bahan makan pokok untuk  warga yang berada di pengungsian.