Kamhar Lakumani menyebut kesembilan kader tersebut merupakan orang berpengalaman. Sebab, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta merupakan etalase politik nasional

Partai Demokrat mulai mempersiapkan diri menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta. Sejumlah kader disiapkan menyambut kontestasi kepala daerah Ibu Kota tersebut.

"Bapilu (Badan Pemenangan Pemilu) DPP Partai Demokrat menyiapkan sembilan kader yang akan digadang-gadang maju Pilgub DKI," kata Sekretaris Bapilu Demokrat Kamhar Lakumani, Jumat, (19/02/2021).

Kamhar Lakumani menyebut kesembilan kader tersebut merupakan orang berpengalaman. Sebab, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta merupakan etalase politik nasional.

"Semuanya adalah kader dengan pengalaman dan jam terbang yang memadai, baik pengalaman di eksekutif, legislatif, atau pun keduanya," kata dia.

Penyeleksian bakal dilakukan. Sehingga mengerucut pada satu nama yang ditawarkan kepada warga Ibu Kota.

"Pada saatnya nanti akan mengerucut dengan memperhatikan figur yang paling bisa merebut hati dan pikiran atau paling dikendaki masyarakat DKI Jakarta" ucap dia.

Dia mengatakan Demokrat memiliki modal kuat menghadapi Pilkada DKI Jakarta. Partai lambang bintang mercy itu memiliki 10 kursi di DPRD DKI Jakarta.

"Tentu menjadi modal yang cukup bagi Demokrat untuk membangun komunikasi politik dengan parpol (partai politik) untuk membangun koalisi," ujar dia.

Kader yang dipersiapkan maju dalam Pilkada DKI Jakarta tersebut antara lain:

1. Santoso (Komisi III DPR/Ketua DPD Partai Demokrat Prov DKI Jakarta)
2. Hinca Panjaitan (Komisi III DPR)
3. Didik Mukrianto (Komisi III DPR)
4. M. Ridho Ficardo (Mantan Gubernur Lampung)
5. Emil Elistianto Dardak (Wakil Gubernur/Wagub Jatim)
6. Cellica Nurrachadiana (Bupati Karawang)
7. Anwar Hafid (Anggota Komisi II DPR)
8. Dede Yusuf Macan Effendi (Mantan Wagub Jabar, Pimpinan Komisi X DPR)
9. Iti Octavia Jayabaya (Bupati Lebak)