Pengenalan Indonesia kepada para influencer di Meksiko merupakan salah satu upaya KBRI Mexico City dalam mempromosikan Indonesia

Keinginan KBRI Mexico City untuk memperkenalkan Indonesia kepada semua kalangan warga di Meksiko, membuat KBRI kenalkan Indonesia kepada influencer dari Televisa, Salvador Marti dan Said Ochoa. Salvador dikenal sebagai reporter pada program “Hoy” yang tayang setiap pagi di TV las Estrellas, Televisa. Sementara, Said Ochoa dikenal sebagai reporter “al aire con Paola Rojas” dan ForoTV. Televisa adalah salah satu stasiun TV swasta yang program telenovelanya mendunia.

Baik Salvador maupun Said, keduanya belum pernah ke negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. China, Jepang, Korea Selatan adalah negara yang pernah mereka kunjungi, tetapi Indonesia akan menjadi pengalaman pertama bagi mereka jika mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Indonesia. Kepala Fungsi Pensosbud KBRI Mexico City, Eva Triana Sari dan Staf Fungsi Pensosbud, Chena Rizkyana memberikan informasi dan memperkenalkan Indonesia kepada para influencer tersebut, yang juga didampingi oleh rekannya Emmanuel Flores.

“Kita bisa membuat acara bersama untuk memperkenalkan Indonesia lebih luas lagi. Kita mulai saja dengan acara yang paling ringan, yang membuat semua orang suka, yaitu promosi kuliner Indonesia,” ujar Said Ochoa. Salvador yang mendengar itu langsung menanyakan keberadaan restoran Indonesia di Mexico City dan KBRI menjelaskan bahwa restoran Indonesia saat ini tidak ada di Mexico City sejak adanya gempa tahun 2017, tapi KBRI Mexico City mempunyai acara bazaar gastronomi setiap hari Jumat sebelum adanya pandemi Covid-19.

Pengenalan Indonesia kepada para influencer di Meksiko merupakan salah satu upaya KBRI Mexico City dalam mempromosikan Indonesia, dengan harapan Indonesia dapat lebih dikenal lagi di semua kalangan Warga Meksiko. Di akhir pertemuan, KBRI Mexico City meminta para influencer itu untuk mengisi survey citra Indonesia.