Elektabilitas mantan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab bahkan lebih tinggi dari Puan.

Nama Ketua DPR RI, Puan Maharani dalam survei top of mind Lembaga Survei Indonesia (LSI) jauh berada di urutan bawah.

Anak dari Ketua Umum PDIP Perjuangan Megawati Soekarnoputeri itu berada di urutan ke-31. Elektabilitas mantan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab bahkan lebih tinggi dari Puan.

Survei yang dilakukan LSI dengan metode wawancara lapangan pada 25-31 Januari 2021 itu pun dinilai menunjukkan bahwa ketokohan Puan Maharani belum berpengaruh.

"Ketokohan Puan Maharani belum dianggap publik sebagai tokoh yang berpengaruh, meskipun populer tetapi belum mendapat kepercayaan publik dalam hal kepemimpinan," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah, Rabu (24/2/2021). 

Sementara Rizieq Shihab, kata Dedi, memiliki loyalis yang langsung pada ketokohannya. "Itu pembeda keduanya," ucap Pengamat Politik Universitas Telkom Bandung ini.

Selain itu, Dedi menilai dibanding dengan para menteri, Habib Rizieq mengalami soliditas pemilih. "Ia tidak banyak berbagi elektabilitas, sementara para menteri mereka berbagi dengan banyak menteri lainnya, baik dari kader parpol maupun bukan," pungkasnya.

Sekadar diketahui, dalam kategori Top of Mind di survei LSI itu, Habib Rizieq Shihab berada di urutan ke-15 dengan 0,2%. Selain Habib Rizieq, ada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri BUMN Erick Thohir dan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi Golkar Dedi Mulyadi di urutan ke-15 dengan skor yang sama.

Sedangkan Puan Maharani hanya memperoleh 0,1% di urutan ke-16. Selain Puan Maharani, ada sejumlah tokoh di urutan dan skor yang sama.

Mereka adalah Presenter Najwa Shihab, Wali Kota Bogor Bima Arya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Faiq, Ariesta, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Kemudian Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Wiranto, dan Said Aqil Siradj. Pada kategori itu, sebanyak 45,3% responden belum menjawab.

Pada kategori simulasi semi terbuka, Habib Rizieq juga unggul dari Puan Maharani. Habib Rizieq di urutan ke-15 dengan 0,7%, sedangkan Puan Maharani di urutan ke-20 dengan 0,2%. Pada kategori ini, sebanyak 10,4% responden belum menjawab.