Seperti halnya bapak mertua, usai dilantik, sebagai pimpinan tertinggi di Pemerintah Kota Medan, Bobby langsung disibukkan dengan sederet jadwal padat.

Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution, resmi dilantik menjadi Wali Kota Medan, Jumat (26/02/2021). Bobby didampingi oleh sang istri, Kahiyang Ayu yang memakai kebaya merah dan masker putih.

Pelantikan Bobby dilakukan oleh Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubsu, Medan sekitar pukul 09.05 WIB.

Sehari sebelum pelantikan, Bobby telah menyampaikan apa yang akan dilakukannya usai dilantik menjadi Wali Kota Medan. Bobby mengatakan akan fokus dalam penanganan virus COVID-19 dan vaksinasi COVID-19.

"Tentang penanganan COVID dan mensukseskan vaksinasi. Itu yang pertama sekali ingin kita lakukan," kata Boby, Kamis (25/2).

Seperti halnya bapak mertua, usai dilantik, sebagai pimpinan tertinggi di Pemerintah Kota Medan, Bobby langsung disibukkan dengan sederet jadwal padat.

Bersama wakilnya, Aulia Rachman, Bobby langsung menghadiri paripurna di DPRD Kota Medan. "Pagi pelantikan Pak Wali dan Pak Wakil, siangnya selepas salat Jumat menghadiri sidang paripurna di DPRD Medan," ungkap Kabag Umum Setda Kota Medan, M Andi Syah Putra kepada wartawan di Medan, Jumat (26/02/2021).

Kemudian, menantu Presiden Joko Widodo itu akan memimpin rapat diikuti seluruh jajaran di Pemerintah Kota Medan sekaligus memberikan arahkan kepada aparatur sipil negara (ASN) bertugas di Balai Kota.

"Setelah itu langsung memimpin rapat bersama seluruh pimpinan OPD. Beliau langsung bekerja setelah dilantik," kata Andi.

Kemudian, pihak Pemko Medan juga melakukan sterilisasi terhadap seluruh ruang kerja. Termasuk melakukan pembersihan terhadap ruang kerja Wali Kota Medan, yang akan ditempati oleh Bobby Nasution saat menjalani tugas sebagai kepala daerah.

Sebelumnya, hasil rekapitulasi penghitungan suara yang ditetapkan oleh KPU Medan. Bahwa pasangan Bobby-Aulia memperoleh 393.327 suara atau 53,45  persen dari suara sah.

Sementara pasangan nomor urut 1, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi, hanya memperoleh 342.580 suara atau 46,55 persen.

Pilkada Medan 2020 hanya diikuti dua pasang calon. Pasangan nomor urut 1, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi, diusung PKS dan Partai Demokrat. Partai pengusung ini hanya memiliki 11 kursi di DPRD Kota Medan.

Sementara pasangan nomor urut 2, Bobby Nasution-Aulia Rachman diusung koalisi 8 partai yang menguasai 39 kursi di DPRD Kota Medan, yakni PDIP, Partai Gerindra, Golkar, NasDem, Hanura PAN, PSI, dan PPP.