Makanya saya tidak mengerti pola pikirnya itu bagaimana. Masyarakat yang ada di garda terdepan malah dilupakan

Para epidemiolog mengkritik sejumlah langkah pemerintah dalam menangani pandemi. Satu diantaranya adalah pembangunan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Covid-19 di Pulau Galang, Kepulauan Riau yang menyedot anggaran hingga Rp400 miliar.

Epidemiolog UI, Pandu Riono mengaku tidak habis pikir dengan keputusan pemerintah membangun rumah sakit darurat di pulau terpencil yang sulit diakses masyarakat.

"Disangkanya pandemi bisa terkendali dengan menjauhkan orang yang terpapar dari masyarakat. Pandangan keliru itu sudah terjadi sejak dulu, saat virus HIV merebak di dunia juga seperti itu awalnya," tutur Pandu. seperti dikutip dari Pikiran-rakyat.com. (2/3/2021).

"Gak bisa itu padahal. Soalnya mau bagaimanapun orang-orang yang terpapar itu ada di sekitar kita," sambungnya.

Pandu menilai, alih-alih sibuk membangun rumah sakit, pemerintah sebaiknya mengoptimalkan peran pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat.

"Makanya saya tidak mengerti pola pikirnya itu bagaimana. Masyarakat yang ada di garda terdepan malah dilupakan (prioritasnya-red)," sebutnya.

Hal senada juga diungkapkan epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Tri Yunis Miko. menurutnya Sejak awal dibuka pada bulan April 2020, RSKI Pulau Galang sering sepi penghuni dan tidak terpakai

"Menurut saya salah, ya, membangun rumah sakit di sana. Kenapa harus dibangun di Pulau Galang yang sulit dijangkau masyarakat?" ujarnya.

Bahkan pada bulan Juli 2020 lalu, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, sempat menyarankan pasien Covid-19 di Jawa Timur untuk dipindahkan ke  RSKI Pulau Galang.

Namun, tawaran itu ditolak Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa lantaran jaraknya yang jauh bisa mengganggu proses pemindahan pasien.

Seperti diketahui, pada hari ini Selasa, 2 Maret 2021 Indonesia genap setahun dilanda pandemi Covid-19. Setahun bergelut dengan pagebluk, belum tampak tanda-tanda pandemi akan berakhir di Tanah Air. Sebaran kasus positif Covid-19 di Indonesia pun masih menunjukkan peningkatan dari hari ke hari.

Berdasarkan data yang dipublikasikan situs covid19.go.id, hingga Senin (1/3/2021), kasus positif Corona yang ditemukan di RI sejak Maret 2020 berjumlah 1.341.314.