Masyarakat untuk tidak terlalu panik. Ia menyebut, Satgas Covid-19 telah memperkirakan virus Covid-19 dapat bermutasi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menginformasikan, temuan 2 kasus varian baru Covid-19 asal Inggris sudah masuk di Karawang. Ridwan Kamil menyebut, Satgas Covid-19 Jabar sedang melacak penularan virus B117 itu di Indonesia.

Pria yang akrab di sapa Kang Emil itu mengatakan "Varian baru virus Corona diberitakan sudah ada di Indoensia, masuk di Karawang. Kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim Unpad (Universitas Padjadjaran) untuk meneliti UK B117 ini," ujarnya dalam jumpa pers di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad Bandung, Rabu (3/3/2021).

Kang Emil berharap kerja sama dengan Unpad itu dapat menjadi panduan kebijakan soal protokol kesehatan seperti apa yang sebaiknya berlaku untuk melawan varian baru Covid-19 ini.

"Apakah sama perlakuan 3M dan 3T ini ? kami mohon secepatnya agar ada penelitian, sehingga kami selaku pengambil keputusan secara tepat bisa merespon dengan cara terukur," ujar Emil.

Namun demikian, Emil mengimbau, masyarakat untuk tidak terlalu panik. Ia menyebut, Satgas Covid-19 telah memperkirakan virus Covid-19 dapat bermutasi.

" Tinggal ikhtiar kita sesuaikan dan kita tingkatkan," ujarnya.