Yang jelas masih dilakukan upaya-upaya yang dilakukan Bareskrim Polri untuk menindak lanjuti kasus yang menyangkut Abu Janda nanti kita lihat perkembangan itu semua kedepannya

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono memastikan kasus dugaan rasis dan penghinaan terhadap Islam dengan terlapor Permadi Arya alias Abu Janda masih tetap berjalan.

Saat ini penyidik Bareskrim Polri masih mengusut laporan dugaan pelanggaran UU ITE yang dilakukan Permadi Arya.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kapolri agar penyidik selektif dalam pengusutan kasus yang berkaitan dengan UU ITE itu, dimana Kapolri menekankan pengusutan kasus UU ITE tetap berjalan, jika kasus itu menyangkut soal SARA dan hal pemecah belah lainnya.

Rusdi mengatakan "Yang jelas masih dilakukan upaya-upaya yang dilakukan Bareskrim Polri untuk menindak lanjuti kasus yang menyangkut Abu Janda nanti kita lihat perkembangan itu semua kedepannya," terang Rusdi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (3/3).

Sebelumnya Diketahui, Abu Janda dilaporkan ke Bareskrim Polri terkait cuitannya yang diduga melakukan penistaan agama.

Abu Janda dilaporkan oleh seorang pengacara bernama Medya Rischa, pada Jumat, 29 Januari 2021. Laporan tersebut tertuang dalam surat tanda terima terima laporan Nomor : STTL/033/I/BARESKRIM tanggal 29 Januari 2021. 

Selain dugaan penistaan agama, Abu Janda juga dilaporkan dugaan rasisme terhadap Natalius Pigai.