Audiensi antara lain membahas penguatan sinergi di antara kedua lembaga, KPK dan Polri dalam pemberantasan korupsi, khususnya terkait penguatan supervisi KPK kepada Polri

Kepala Bareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kunjungan jenderal bintang tiga polri ini untuk memperkuat kerja sama penegakan hukum, terutama tindak pidana korupsi.

Kedatangan Komjen Agus Andrianto diterima langsung oleh Ketua KPK Komjen Pol Firli Bahuri didampingi tiga komisioner lainnya seperti Nawawi Pomolangi, Nurul Ghufron dan Alexander Marwata.

"Saya kan pejabat baru di Bareskrim. Saya harus menjalani komunikasi dengan KPK untuk meningkatkan sinergitas pelaksaan tugas ke depan," jelas Agus seusai pertemuan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (4/3/2021).

Menurut Agus, dalam pertemuan perdana dengan KPK ini dirinya belum membahas hal lain di luar agenda penguatan koordinasi dan supervisi. Dia menegaskan pertemuan dengan lembaga antirasuah untuk meningkatkan sinergitas.

"Sementara belum, kita bicara masalah bagaimana menjaga dan meningkatkan sinergitas yang ada dalam menegakkan hukum Undang-undang Tipikor. Utamanya kegiatan koodinasi dan supervisi supaya ke depan lebih baik," kata dia.

Di sisi lain, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengungkapkan pertemuan antara pimpinan KPK dan Kabareskrim untuk menguatkan supervisi antara kedua institusi, yakni KPK dan Polri.

"Audiensi antara lain membahas penguatan sinergi di antara kedua lembaga, KPK dan Polri dalam pemberantasan korupsi, khususnya terkait penguatan supervisi KPK kepada Polri," tutur Ali.