Hal yang membedakan seorang pemimpin atau bukan adalah tidak menyerah pada tantangannya

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang juga sebagai Principal Mentor of Girls Leadership Program, merasa bangga atas pencapaian para pemimpin perempuan muda pada acara Dialog Intergenerasi “Women and Girls: Game Changers in Development” secara video conference, Sabtu (06/03). 

Dari tiga cerita para representative leader yaitu Della (Co-Director of BeWithYou), Brelyantika (Founder of Panti Carita)dan Silvia (Chairwoman of SLB Ada Bisa dan Pasti Bisa), Menkeu melihat contoh kepribadian perempuan yang menunjukan leadership.

“Tadi Della, Brelyantika, dan Silvia mengatakan bahwa mereka pertama kalau saya lihat modalnya adalah mereka memiliki sensitivitas terhadap lingkungannya, apa yang terjadi di sekitar mereka dan itu adalah cenderung kepada apa yang bisa saya bantu. Jadi ciri dari leaders adalah bukan bicara tentang saya saya saya, tapi apa yang saya bisa bantu, ” kata Menkeu.

Menurut Menkeu, setiap orang menghadapi tantangan di setiap tahap kehidupan. Hal yang membedakan seorang pemimpin atau bukan adalah tidak menyerah pada tantangannya.

“Mungkin dia tidak menyelesaikan tantangannya, tapi dia tidak give up, dia tidak menyerah, jelas. Itu adalah elemen leadership. Selalu ada bahwa dia ingin tidak hanya menerima saja, ada semacam keinginan untuk mengubah dan jelas di dalam kepribadiannya ada ketahanan,” ujarnya.

Menkeu melihat bahwa kepribadian kepemimpinan dari ketiga representatif perempuan tersebut adalah kepedulian yang luar biasa, mengikuti rasa kepeduliannya, melakukan langkah-langkah dalam sebuah aksi, dan kemudian membagikan ceritanya.

“Seperti hari ini kalian ikut di dalam program girls leadership academy dan kemudian masuk di dalam Plan Internasional untuk bisa sharing kepada yang lain, itu adalah dampaknya bisa didengar, dilihat, dan kemudian dijadikan contoh bagi yang lain,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Menkeu berharap semangat kepedulian dan leadership dapat menular dan menimbulkan efek berantai yang luar biasa kepada perempuan-perempuan yang lain. Menkeu pun berpesan kepada tiga representative leader untuk terus belajar dan tetap menjaga rasa kepedulian.

“Saya ingin supaya kalian terus belajar, ke depan banyak hal yang masih Anda bisa pelajari dalam hidup ini, namun sikap dasar tadi yaitu kepedulian dan keinginan membagi agar terus dijaga,” tutup Menkeu.