Peralihan kekuasaan AS dari Donald Trump ke Joe Biden tetap membawa berkah bagi Indonesia. Kerja sama pembiayaan sektor infrastruktur dan keuangan, kemungkinan berlanjut.

Disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani telah menjalin komunikasi dengan Menteri Keuangan di kabinet Joe Biden, yakni Janet Yellen. "Beberapa negara ingin memperkuat hubungannya dengan Indonesia. Salah satunya adalah Amerika Serikat (AS)!⁣⁣," kata Sri Mulyani dikutip dari laman Facebook @srimulyani pada Kamis malam (11/3/2021).

Disambungan telepon, Sri Mulyani dan mantan Gubernur Bank Sentral AS itu, membahas kerja sama antar negara dalam menghadapi berbagai isu tantangan global. ⁣⁣    Di mana, OECD memproyeksikan bahwa pertumbuhan ekonomi dunia membaik dan ekonomi AS akan meningkat tajam.  

Artinya, pemulihan ekonomi AS diharapkan memberikan dampak positif bagi dunia dalam bentuk pemulihan perdagangan internasional dan pemulihan aktivitas ekonomi. ⁣⁣  "Saya dan Menteri Yellen juga membahas mengenai isu perubahan iklim (climate change), terutama pentingnya peran Indonesia yang akan menjadi tuan rumah (host) pertemuan G20 2022 untuk memberikan perhatian khusus terhadap isu penanganan perubahan iklim ini," papar Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, Menteri Yellen juga menyatakan komitmen Pemerintah AS atas isu tersebut, yang akan diwujudkan melalui forum G20.  "Saya sebagai Co-Chair Coalition of Finance Ministers for Climate Action sangat menyambut baik komitmen ini," ungkap Sri Mulyani.

Dengan kerja sama yang baik dan pemulihan ekonomi AS, dirinya berharap dapat mendorong pemulihan aktivitas perdagangan internasional, termasuk meningkatnya kerja sama ekspor Indonesia ke AS. ⁣⁣  "Saya memastikan kerja sama Kementerian Keuangan dan US Treasury terkait pembiayaan infrastruktur, serta pendalaman pasar keuangan, dapat berlanjut pada kepemimpinan Menteri Yellen," sebut Sri Mulyani.

"Semoga pemulihan ekonomi dunia dapat segera tercapai melalui kerja sama antar negara dalam menghadapi berbagai isu pemulihan ekonomi dan tantangan global lainnya!," pungkasnya.

Sekadar informasi, pemerintahan Joe Biden melantik Janet Yellen sebagai Menteri Keuangan (US Treasury Secretary) pada awal 2021. Janet merupakan Menteri Keuangan perempuan pertama sejak berdirinya AS pada 1776. Selain itu, Janet juga merupakan perempuan pertama menjabat sebagai Gubernur Bank Sentral AS (The-Fed).