Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengajak Pemuda Muhammadiyah ikut berperan dalam membangun ketahanan nasional.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengajak Pemuda Muhammadiyah ikut berperan dalam membangun ketahanan nasional. Hal itu dikatakan Kapolri pada acarai Tanwir I Literasi Kebangsaan Pemuda Muhammadiyah di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (02/04/2021).

"Menengok sejarah kemerdekaan RI,  Muhammadiyah dan Pemuda Muhammadiyah ikut dalam perjuangan merebut kemerdekaan dari penjajah," kata Kapolri dalam keterangan tertulisnya.

Dalam acara tersebut, mantan Kabareskrim Polri itu mengingatkan rongrongan pihak-pihak yang ingin merusak Pancasila tidak terhindarkan.

Listyo mengatakan bahwa kebijakan politik pemerintah tentunya akan memengaruhi sikap negara lain terhadap Indonesia.

Kapolri menekankan bahwa lingkungan strategis dan ketahanan nasional harus mengikuti perkembangan situasi global, regional, dan nasional.

"Kebijakan politik yang diambil oleh Pemerintah akan memengaruhi sikap negara lain terhadap Indonesia," katanya mengingatkan.

Pada masa pandemi COVID-19 ini, mantan Kapolda Banten ini juga mengingatkan sekaligus mengajak Pemuda Muhammadiyah turut membantu upaya penanggulangan COVID-19 yang dilakukan oleh Pemerintah, salah satunya dengan program vaksinasi nasional sekaligus menggaungkan pendisiplinan protokol kesehatan dengan menerapkan 5M.

Dalam kesempatan yang sama, Pangkogabwilhan II Marsdya Imran Baidirus yang mewakili Panglima TNI berharap dukungan penuh Pemuda Muhammadiyah dalam menyukseskan program vaksinasi nasional.

Imran juga mengingatkan Indonesia sebagai negara kepulauan yang kerap dihantui oleh bencana alam juga satu hal yang harus diperhatikan seluruh pihak, termasuk kaum muda.