Komisaris PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, bertemu dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di rumah dinas Loji Gandrung Solo,

Komisaris PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, bertemu dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di rumah dinas Loji Gandrung Solo, Rabu malam, 7 April 2021. 

Dalam kesempatan tersebut, Ahok mengenang pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat masih berstatus sebagai Wali Kota Solo di tempat yang sama.

Ketika itu menjelang Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012 lalu. Diketahui, Jokowi sempat berpasangan dengan Ahok untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta tahun 2012 lalu. Kala itu, Jokowi-Ahok berhasil keluar menjadi pemenang Pilgub DKI mengalahkan lima pasang kandidat lainnya. Termasuk pasangan petahana Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

"Dulu saya ke sini (rumah dinas Wali Kota Solo) 9 Februari 2012. Pas Pak Jokowi masih jadi Wali Kota. Ini dua kali mampir ketemu anaknya jadi Wali Kota," kata Ahok seperti dikutip dari Video Youtube, Berita Surakarta Kamis (8/4).

Meski demikian, Ahok mengatakan pertemuannya dengan Gibran kali tak membahas mengenai politik. Ahok seperti dilansir cnnindonesia, mengklaim pertemuan tersebut hanya membahas mengenai tata kota. Salah satunya ia mengusulkan mengenai penghijauan kota.

"Saya tidak pengalaman soal kota. Mas wali (Gibran) sudah sangat baik. Saya lihat sudah ngurusin pendidikan dan kesehatan. Soal penghijauan kota bisa ditingkatkan," kata dia.

Di tempat yang sama, Gibran mengklaim tidak membicarakan mengenai perpolitikan dengan Ahok dalam pertemuan tersebut. Ia mengaku hanya makan malam dan membicarakan mengenai masalah tata kota dan kepemimpinan.

"Cuma makan malam saja. Ada masukan soal ruang terbuka hijau. Tadi banyak bicara masalah leadership. Masalah leadership lah. Beliau kan yang termasuk orang yamg saya idolakan. Orangnya tegas," kata Gibran.