Ternyata produk Indonesia sudah diakui oleh dunia. Nah tugas Hipmi adalah membuat produk dari Indonesia mendunia. Jadi menciptakan Indomie-Indomie baru di pasar dunia, supaya banyak kita temukan produk Indonesia di dunia

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi melepas ekspor dari Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) secara virtual, Kamis (8/4/2021).

Dalam acara pelepasan tersebut, Mendag Lutfi sedikit bercerita tentang kejadian lucu yang dialaminya pada saat masih menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia pada 2010-2013.

Saat itu Mendag Lutfi berkenalan dengan Duta Besar Senegal untuk Jepang dan Indonesia.

"Kebetulan Duta Besar Senegal untuk Indonesia berkedudukan di Tokyo. Jadi dia punya rangkap jabatan sebagai duta besar Indonesia dan Jepang," ujarnya.

Suatu waktu, Dubes Senegal tersebut meneleponnya dan ingin membawakan salah satu produk makanan terkenal dari negerinya. 

"Saat bertemu ternyata produk itu adalah Indomie yang diproduksi Indofood di Senegal. Katanya beliau barang ini dari Senegal, karena diproduksi di sana. Saya mau ketawa tapi tidak bisa," katanya.

Lutfi berharap produk-produk buatan lokal bisa seperti mi instan yang dikonsumsi oleh masyarakat global. Dia meminta pengusaha yang tergabung dalam Hipmi menciptakan produk semacam itu.

"Ternyata produk Indonesia sudah diakui oleh dunia. Nah tugas Hipmi adalah membuat produk dari Indonesia mendunia. Jadi menciptakan Indomie-Indomie baru di pasar dunia, supaya banyak kita temukan produk Indonesia di dunia," kata Lutfi.