Kampung Tangguh Jaya bukan hanya bertujuan untuk memutuskan mata rantai Covid-19, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk banyak hal antara lain untuk melakukan vaksin seperti hari ini

Program Vaksinasi Massal Polda Metro Jaya yang diterapkan di Kampung Tangguh Jaya RW 01, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat, menyasar 500 Kampung Tangguh Jaya (KTJ) selama enam bulan.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil Imran menerangkan, kegiatan vaksinasi massal itu akan dilakukan secara intensif.

“Ke depan kita akan terus kerjakan ini sampai dengan enam bulan ke depan dengan target kita laksanakan di 500 Kampung Tangguh Jaya,” ungkap Fadil, di Jakarta, Sabtu (10/4/2021).

Menurutnya, dengan adanya Kampung Tangguh Jaya yang digagas oleh Fadil tidak hanya mempunyai peran pencegahan penyebaran Covid-19 namun juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.

“Kampung Tangguh Jaya bukan hanya bertujuan untuk memutuskan mata rantai Covid-19, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk banyak hal antara lain untuk melakukan vaksin seperti hari ini,” jelasnya menambahkan.

Di samping Kampung Tangguh Jaya, vaksinasi massal juga menyasar beberapa mal di wilayah Jakarta dan tempat umum lainnya yang akan memudahkan warga dalam mendapatkan pelayanan vaksin.

“Kegiatan ini didukung dengan tenaga vaksinator dari TNI dan Polri dan Dinas Kesehatan DKI dan tentunya vaksinnya didukung dari pemerintah daerah,” tutur Fadil.

Diberitakan sebelumnya, tujuh lokasi di Jakarta Barat dinyatakan nihil penderita Covid-19 pasca menerapkan program Kampung Tangguh Jaya.

Kampung Tangguh Jaya dinilai efektif menihilkan penderita Covid-19 di tujuh wilayah di Jakarta Barat sejak yang pertama didirikan di RT 10/16 Kapuk, Cengkareng pada 8 Desember 2020 lalu.