Untuk mendongrak sektor pariwisata yang terpuruk akibat pandemi COVID-19, Presiden Joko Widodo meluncurkan kalender event pariwisata nasional 2021.

Hari ini (Sabtu, 10/4/2021), Presiden Jokowi resmi meluncurkan kalender event pariwisata nasional 2021. Bertajuk Kharisma Event Nusantara 2021 yang merangkum berbagai agenda di 34 provinsi. Langkah ini merupakan strategi promosi untuk menarik lebih banyak lagi wisatawan domestik dan mancanegara. "Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Saya luncurkan Kharisma event Nusantara 2021 hari ini," ujarnya dalam siaran langsung melalui akun YouTube Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dikutip dari CNNIndonesia, Jokowi mengatakan, Indonesia patut bersyukur karena mendapatkan anugerah alam yang sangat permai dan sangat menarik para wisatawan. "Membentang dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, ada gunung laut danau sungai lembah yang sangat indah dan sulit dicari tandingannya," kata dia.

Di samping itu, Indonesia juga memiliki masyarakat dengan kekayaan tradisi dan budaya yang beragam. "Kebhinnekaan menjadikan kita sangat kaya dan unik. Tak terhitung banyaknya peninggalan budaya adiluhung, candi, bangunan cagar budaya, peninggalan bersejarah yang mencerminkan identitas dan jati diri kita yang membuktikan kebesaran sejarah bangsa kita Indonesia," tuturnya.

Sehingga, Jokowi berharap program Kharisma Event Nusantara 2021 dapat membangkitkan kembali minat para turis untuk berkunjung di Indonesia dan menjadi stimulus untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang mengalami tekanan akibat COVID-19. "Saya harapkan melalui acara ini sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kita juga akan segera menggeliat kembali para pekerja di sektor ini bisa kembali bekerja dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan sehingga pariwisata kita dan ekonomi Kreatif kita bisa pulih kembali," tandasnya.