konsep CVWS Industri 4.0 ini juga akan diterapkan dalam proses manufaktur Bus Listrik "E-Inobus" dimana dengan diaplikasikannya konsep ini, kami dapat memantau kondisi shoop floor secara realtime, progress produksi yang lebih akurat, jam kerja operator, dsb

PT INKA (Persero) turut serta dalam Pameran Virtual Hannover Messe (HM) 2021 atau HM21 mulai 12 sampai 16 April 2021.

Senior Manager Pengembangan Produk dan Teknologi PT INKA (Persero), Febry Pandu Wijaya mengatakan bahwa dalam Pameran HM21 ini, PT INKA (Persero) dengan 156 perusahaan lain turut serta dalam HM21 ini juga dalam rangka mendorong percepatan digitalisasi atau Making Indonesia 4.0.

Adapun produk yang ditampilkan dalam Pameran HM21 ini diantaranya adalah Bus Listrik “E-Inobus”.

 “PT INKA mulai menerapkan Industri 4.0 dalam proses produksinya pada tahun 2017. Bersama dengan tim IT INKA, kami bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk merealisasikan penerapan Industri 4.0. Konsep Configurable Virtual Workstation (CVWS) telah diusulkan oleh tim ITB sebagai implementasi yang lebih sesuai dari konsep Industry 4.0 di PT INKA tanpa mengubah industri menjadi mode otomatis penuh,” ungkap Febry.

Menurutnya, konsep CVWS Industri 4.0 ini juga akan diterapkan dalam proses manufaktur Bus Listrik "E-Inobus" dimana dengan diaplikasikannya konsep ini, kami dapat memantau kondisi shoop floor secara realtime, progress produksi yang lebih akurat, jam kerja operator, dsb.

“Sampai sekarang, tim IT INKA dan kami terus menyempurnakan aplikasi Industri 4.0 untuk proses produksi kami,” pungkasnya.