Saat ini, golongan tajir mulai banyak yang tertarik mengoleksi uang kripto. Agar tak kejeblos, sebaiknya hati-hati. Ada saran menarik dari bos Tesla, Elon Musk.

Terkait investasi uang kripto atau cryptocurrency, Musk memberikan warning serius. mewanti-wanti pengikutnya untuk berinvestasi pada uang kripto dengan hati-hati. Hal itu disampaikan di tengah kenaikan harga aset kripto beberapa waktu terakhir. "Mata uang kripto menjanjikan tapi tolong investasi dengan hati-hati," kata Musk melalui akun Twitter pribadinya @elonmusk, Jumat (7/5/2021).

Dikutip dari CNNIndonesia, Musk dikenal sebagai konglomerat yang mendukung mata uangkripto. Salah satunya yang jadi favoritnya adalah Dogecoin. Ia bahkan mendapat julukan sebagai Bapak Doge (Dogefather) karena membuat uang kripto dengan logo anjing Shiba Inu itu naik daun.

Rencana penampilannya di salah satu acara sketsa komedi populer Amerika, SNL, membuat harga Dogecoin melesat ke level tertinggi sepanjang masa. Dogecoin, diluncurkan sebagai kritik satir dari hiruk pikuk cryptocurrency pada 2013. Uang ini telah naik 41 persen dalam 24 jam terakhir ke rekor US$0,68.

Sejak awal tahun, dogecoin telah melonjak lebih dari 14 ribu persen dari US$0,00468 pada 31 Desember. Doge telah melampaui cryptocurrency yang lebih banyak digunakan seperti Tether stablecoin dan XRP menjadi yang terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar. Sebagai informasi, saat ini di Indonesia aset kripto dilarang sebagai alat pembayaran. Bappebti mengungkapkan uang kripto masih dianggap sebagai komoditas.

Hal itu sesuai Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dan Peraturan Bank Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran. Kedua beleid itu mengatur bahwa transaksi pembayaran wajib menggunakan rupiah.