EURGBP  masih cukup prospektif  untuk melanjutkan gerak menguat, meski mungkin  dalam kisaran yang agak terbatas dan membutuhkan waktu yang lebih panjang.

Setelah melakukkan gerak turun curam sejak pertengahan bulan ini, nilai tukar Euro terhadap Poundsterling yang disimbolkan EURGBP kini terlihat mulai reda dari tekanan jual.  EURGBP hanya menyentuh titik terendahnya di kisaran 0,8617 pada sesi perdagangan pekan lalu untuk kemudian terkonsolidasi di level terendahnya hingga kini. Namun gerak menguat perlahan sejak akhir pekan lalu kini telah diambang pembentukan trend penguatan jangka pendek.

Grafik H4 berikut menunjukkan gerak EURGBP beserta sejumlah indikator tekhnikalnya yang menjanjikan profit bagi investor yang memeriksa dengan cermat:

Gerak naik perlahan yang dibukukan dalam dua hari sesi perdagangan terakhir akhirnya telah mampu menyeret garis MA-Signal untuk semakin ke atas hingga kini terlalu dekat untuk menembus ke atas batas tekhnikal psikologisnya. Jarak yang terentang antara Garis MA-Signal dengan batas tekhnikal psikologisnya kini hanya sebesar 2 pip, di mana selisih sebesar itu hanya membutuhkan waktu empat jam saja untuk menembus ke atas.  Namun bila gerak naik berlanjut tajam dalam satu hingga dua jam ke depan, maka penembusan ke atas oleh garis MA-Signal akan menjadi lebih cepat.

Bila penembusan ke atas oleh garis MA-Signal terjadi, maka secara otomatis akan membentuk trend penguatan dalam grafik H4.  Pembentukan trend penguatan ini terlihat cukup solid dan sangat berpotensi untuk menyeret grafik harian  ke dalam trend positif. Hal ini mengingat jarak yang terbentang antara titik P-Sar dengan garis MA-Signal sejauh ini masih belum terjadi penyempitan. Sebaliknya, masih merenggang.

Prospek EURGBP untuk melakukan gerak balik penguatan dengan demikian cukup besar di sesi perdagangan hari ini.  Sementara pada indikator lainnya, ADX yang kini masih berada di kisaran 24 atau di atas level psikologis yang dibutuhkan, yaitu kisaran 20, semakin kondusif dan mudah bagi EURGBP untuk membentuk trend baru yang solid. Indikator ADX, terutama +DI akan dengan mudah  melompat cepat hingga memenuhi level psikologis yang diperlukan bila terjadi gerak naik tajam dalam beberapa jam ke depan.

Sementara Sementara pantauan pada mata uang terkait menunjukkan, risiko bagi EURGBP untuk menguat secara meyakinkan. Nilai tukar Euro terhadap DolarAS akan menjadi tantangan bagi EURGBP untuk menguat lebih lanjut. Hal ini mengingat EURUSD yang kini masih terjebak dalam trend  pelemahan jangka menengah, sementara gerak naik EURUSD yang terjadi dua hari terakhir sekedar perlawanan yang masih rentan.

Namun di sisi lainnya, pola pergerakan nilai tukar Poundsterling terhadap Dolar AS yang disimbolkan GBPUSD  juga telah mulai menemui kejenuhan. GBPUSD yang berpotensi membalik trend tentu akan mengimbangi risiko dari EURUSD masih dalam trend melemah. Akihrnya secara keseluruhan, EURGBP  masih cukup prospektif  untuk melanjutkan gerak menguat, meski mungkin  dalam kisaran yang agak terbatas dan membutuhkan waktu yang lebih panjang. Trend pelemahan EURGBP dengan demikian  bisa disimpulkan telah berakhir dan setidaknya segera berganti dengan fase konsolidasi atau bahkan trend penguatan.