Gerak IHSG tercatat mulai beralih turun menyusul semakin konsistennya gerak indeks bursa Asia di zona pelemahan.

Setelah mencoba untuk bertahan dari gempuran sentimen muram dari bursa regional dan globaldalam mengawali sesi perdagangan pagi ini, indeks harga saham gabungan (IHSG) di bursa efek Indonesia akhirnya mulai terseret sentimen muram yang semakin konsisten di bursa  Asia. Pantauan terkini di bursa Asia menunjukkan, gerak indeks yang kini telah konsisten di jalur  merah dengan penurunan yang bervariasi.

Indeks Nikkei tercatat menurun 0,97% untuk berada di kisaran 20.448,47, semetara indeks Hang Seng (Hong Kong) terpangkas 0,66% untuk menjangkau kisaran 27.394,74. Indeks ASX 200 (Australia) melemah 0,56% untuk berada di kisaran 5.872,4 serta indeks KOSPI (Korea Selatan) yang terkikis 0,45% untuk berada di posisi 2.167,44.

Sementara pada IHSG di Jakarta, gerak positif yang sempat dibukukan di awal sesi perdagangan  kini semakin tergerus dan telah mulai menginjak zona pelemahan. Hingga ulasan ini disunting, IHSG tercatat melemah tipis 0,04% untuk berada  di kisaran 6.456,1.

Sejumlah saham unggulan yang dalam sesi awal perdagangan  tercatat mampu menguat signifkikan, kini  terlihat mengikis kenaikan dan bahkan beralih turun. Gerak sejumlah saham favorit ini kemudian menyeret IHSG terdampar di zona penurunan.  Berikut adalah sejumlah saham unggulan yang kini terdampar di zona merah:

UNTR

CPIN

INKP

SMGR

AALI

INCO

IMAS

INDY

BBNI

BTPN

BMRI

Sementara sejumlah saham unggulan yang masih mampu bertahan di zona kenaikan adalah:

UNVR

GGRM

ITMG

SMCB

PTBA

INAF

KAEF

Sentimen terkini sebelumnya diwartakan datang dari Beijing, di mana pejabat kementerian perdagangan China menyebut tindakan departemen kehakiman AS yang mengenakan tuduhan pencurian rahasia dagang pada pimpinan perusahaan tekhnologi asal China, Huawei  sebagai tidak adil dan tidak bermoral. Sengketa ini semakin memperumit jalannya perundingan dagang AS-China yang sedang diupayakan untuk meredakan tensi perang dagang antara kedua  negara.

">">